Inilah 5 Penyebab Lampu Sein Motor tidak Berkedip dan Cara Mengatasinya!

Ketahui apa penyebab dan cara mengatasi lampu sein motor tidak berkedip yang membuat tidak bisa menyalakan lampu tanda belok kanan dan kiri. Yuk simak

Penyebab Lampu Sein Motor tidak Berkedip - Banyak pengendara sepeda motor yang mengalami masalah lampu sein tidak berkedip. Tentu saja ada penyebab kenapa masalah ini bisa terjadi. Lalu apa penyebab sinyal belok motor tidak berkedip?

Ada banyak faktor yang menyebabkan lampu sein tidak berkedip. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diketahui penyebabnya. Akan percuma jika anda sembarangan melakukan perbaikan karena biasanya akan gagal.

Meski kendala ini terlihat sepele, namun fungsi lampu sein sangat penting. Dimana fungsinya sebagai tanda atau signal kepada pengendara lain ketika hendak belok kanan atau kiri.

Lampu sein juga menjadi salah satu aksesoris berkendara yang wajib dimiliki oleh semua sepeda motor. Posisinya akan ditempatkan di bagian depan dan belakang.

Jika lampu sein dalam kondisi rusak atau tidak berkedip, maka hal ini dapat menjadi salah satu resiko mengalami kecelakaan lalu lintas. Karena anda tidak bisa memberikan tanda kepada pengendara lain sehingga pengemudi di belakang atau di depan merasa bingung.

Lantas Apa penyebab kalau lampu sein tidak berkedip? Yuk simak apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi lampu sein motor tidak berkedip sama sekali pada berikut ini.

Penyebab Lampu Sein Motor tidak Berkedip Beserta Cara Mengatasi

Penyebab Lampu Sein Motor tidak Berkedip Beserta Cara Mengatasi

1. Lampu Sein Flasher Rusak

Untuk mengatur arus listrik pada lampu sein, diperlukan alat yang disebut flasher. Terkadang alat tersebut rusak sehingga lampu sein tidak berkedip atau bahkan mati.

Untuk Cara mengatasi kerusakan pada flasher yang menyebabkan lampu sein motor tidak berkedip cukup mudah. Anda hanya perlu menggantinya dengan harga yang cukup murah. Namun sebelum diganti, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu sirkuit flasher, apakah pemasangan sudah benar atau belum.

2. Tegangan Baterai Tidak Maksimal

Semua komponen listrik pada kendaraan, termasuk lampu sein tergantung pada aki. Nah, baterai adalah sumber daya pada sepeda motor. Jika kondisi aki baik, biasanya mengalami penurunan tegangan.

Aki motor harus memiliki tegangan yang di atas 12 Volt. Jika kurang dari itu, bisa membuat lampu sein tidak berkedip. 

Untuk mengatasi lampu sein tidak berkedip yang disebabkan oleh tegangan baterai yang tidak maksimal yaitu, cukup menyetrum baterai atau menggantinya dengan yang baru.

3. Bohlam Lampu Sein Rusak

Ada dua jenis lampu sein. Yang pertama adalah lampu LED, dan yang kedua adalah bohlam biasa. Meskipun jenisnya berbeda, keduanya dapat rusak. Jika bohlam rusak, itu harus diganti.

Mengganti bohlam lampu sein tidak terlalu mahal. Bahkan saat ini sudah banyak aksesoris lampu sein yang bisa dipilih sesuai keinginan. Selain itu, jangan lupa untuk memilih lampu sein yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

4. Kabel Putus

Untuk menghubungkan bohlam lampu sein ke sistem kelistrikan motor, Anda harus menggunakan kabel. Jadi, jika kabel putus, lampu lampu sein tidak akan berkedip secara otomatis.

Silakan dicek, apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika ternyata ada cukup untuk dihubungkan kembali. Tetapi jika terlalu buruk, lebih baik menggantinya dengan kabel baru.

5. Saklar Rusak

Cara menyalakan lampu sein adalah dengan menggeser sakelar ke kiri atau kanan. Saklar bisa rusak sehingga lampu sein tidak berfungsi.

Penyebab kerusakan sakelar lampu sein dapat bervariasi. Namun secara umum itu karena kabel yang putus. Selain itu, saklar yang rusak juga bisa disebabkan oleh kotoran sehingga saklar tidak berfungsi dengan baik.

Setelah mengetahui penyebab lampu sein motor tidak berkedip, maka Anda bisa memutuskan apakah akan melakukan perbaikan sendiri atau datang langsung ke bengkel motor terdekat. Yang terpenting, masalah ini harus segera diatasi.

Jangan sampai lampu sein rusak karena dapat membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.
Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar