10+ Kelebihan dan Kekurangan Scoopy Di Tahun 2022

Inilah 13 kelebihan dan kekurangan scoopy terbaru 2022 Adapun keunggulan dan kelemahan motor honda scoopy jika dibandingkan dengan yamaha fino. Simak!

Bagi yang berencana membeli motor ini di tahun 2022, pastinya akan menanyakan segala aspek kelebihan dan kekurangan Scoopy agar nantinya tidak menyesal membeli motor matic dari Honda ini. 

Oleh karena itu, kita akan membahas lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan honda Scoopy terbaru yang bisa anda jadikan refrensi pada artikel di bawah ini.

Dulu, Honda Scoopy jarang dilirik oleh pecinta otomotif Indonesia karena memiliki bentuk bodi yang terlihat cukup aneh. Namun, dari tahun ke tahun sepeda motor buatan PT Astra Honda Indonesia semakin diminati oleh masyarakat Indonesia.

Ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap sepeda motor matic telah berubah. Sekarang, rata-rata, mereka lebih memilih sepeda motor otomatis (matic) daripada sepeda motor bebek atau sport. Alhasil, Scoopy semakin laris manis dan menjadi pilihan banyak orang sebagai kendaraan sehari-hari mereka.

Seiring berjalannya waktu, Honda Scoopy mengeluarkan varian yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kini Honda Scoopy jauh lebih canggih dan memiliki desain yang lebih elegan sekaligus mempertahankan nuansa klasik yang selama ini menjadi ciri khas Scoopy

Terkadang, untuk mendapatkan Honda Scoopy sesuai dengan warna motor yang diinginkan sangat sulit karena jumlah peminatnya tidak sebanding dengan kemampuan PT AHM dalam memproduksi motor ini. Akibatnya penggemar Scoopy harus menunggu beberapa minggu ke beberapa bulan untuk mendapatkan motor honda Scoopy sesuai keinginan.

Daftar Isi

Kelebihan Honda Scoopy

Kelebihan Honda Scoopy

Kelebihan dan Kekurangan Scoopy Bagi Anda yang berencana membeli motor ini, kami sarankan terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan Scoopy agar nantinya Anda tidak menyesal membeli motor ini. Tapi kami jamin Anda tidak akan menyesalinya, karena ada begitu banyak keuntungan dari Scoopy yang bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Memiliki Desain yang Elegan dan Klasik

Memiliki Desain yang Elegan dan Klasik

Kelebihan dan kekurangan Honda Scoopy, Keuntungan pertama dari Scoopy adalah desainnya yang klasik dan elegan. Motor ini terlihat begitu cantik jika dilihat dari berbagai sisi. Apalagi Honda telah melengkapinya dengan ring wheel 12 inci yang membuat kaki Scoopy terlihat lebih semok.

Lekukan bodinya juga terlihat klasik, seperti motor matic Vespa yang dibanderol 3 kali lebih mahal dari harga motor Scoopy. Di sisi lain, Honda juga menawarkan berbagai pilihan warna keren.

Baca juga: 8 Pilihan Warna Motor Scoopy, Nomor 5 Paling Terlaris 2022!

2. Hemat Bahan Bakar

Hemat Bahan Bakar

Alarm terintegrasi dengan fitur Answer Back System yang akan membantu kita menemukan posisi kendaraan saat diparkir. Efisiensi motor ini tidak lepas dari teknologi Idling Stop System yang membuat mesin Scoopy mati secara otomatis saat berhenti selama lebih dari 2 detik.

Anda cukup menarik tuas gas, maka mesin akan hidup kembali dengan suara mesin yang sangat halus, berkat teknologi ACG Starter. Berbekal fitur-fitur tersebut, bahan bakar tidak akan terbuang-sehingga motor Scoopy lebih efisien.

Kapasitas mesin Scoopy tidak sebesar motor matic Yamaha yang menggunakan kapasitas mesin 125cc. Namun di balik itu, motor ini menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan didukung oleh teknologi eSP dan PGM-FI.

Baca juga: Daftar Harga Motor Scoopy Bekas dan Baru di Tahun 2022

3. Pengisi Daya Daya

Pengisi Daya Daya

Untuk era modern ini, smartphone adalah kebutuhan utama. Di era modern ini, Honda Scoopy tidak mau kalah dengan mobil, sehingga Honda telah mengeluarkan Scoopy terbaru yang memiliki fitur Power charger.

Fitur Power Charger berguna untuk pengisian daya gadget atau smartphone saat berkendara. Berbekal fitur-fitur tersebut, kita tidak perlu takut kehabisan baterai smartphone saat bepergian jarak jauh dengan mengendarai sepeda motor Scoopy

4. Dilengkapi Fitur Alarm

Dilengkapi Fitur Alarm

Meski Scoopy merupakan jenis motor matic, namun kelebihannya pun tak kalah menarik dari mobil. Scoopy memiliki fitur yang sama dengan mobil, yaitu alarm untuk menghindari pencurian. Alarm terintegrasi dengan fitur Answer Back System yang akan membantu kita menemukan posisi kendaraan saat diparkir.

5. Wadah Bagasi yang Luas

Wadah Bagasi yang Luas

Keunggulan motor Scoopy kelima ini tidak kalah menarik dari keunggulan di atas. Keunggulan kelima adalah Honda Scoopy memiliki bagasi yang luas dengan kapasitas hingga 15,4 Liter

Luasnya bagasi Honda Scoopy dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan. Sehingga, penggunaan Scoopy dengan bagasi yang cukup akan tetap membuat pengendara selalu nyaman.

6. Lampu Depan LED

Lampu Depan LED

Selain keunggulan motor Scoopy di atas, motor ini masih memiliki banyak keunggulan yang membuatnya layak untuk dibeli. Nah, salah satu keunggulan utamanya adalah memiliki lampu depan Proyektor LED yang menghasilkan cahaya yang lebih terang dan lebih terfokus saat digunakan untuk berkendara di siang atau malam hari.

7. Ban Tubeless Tapak Lebar

Ban Tubeless Tapak Lebar

Ukuran ban antara All New Honda Scoopy dan Scoopy generasi sebelumnya berbeda. Karena Scoopy terbaru menggunakan velg ring 12" dan Scoopy lama menggunakan velg ring 14". Honda juga telah mengoptimalkannya dengan ban tubeless tapak lebar yang memiliki ukuran 100/90-12 di bagian depan dan 110/90-12 di bagian belakang.

8. Sistem Rem Combi

Sistem Rem Combi

Sistem pengereman otomatis Honda cukup canggih. Dimana sudah ada teknologi Combi Brake System yang memungkinkan rem depan dan belakang bekerja secara bersamaan. Jadi ketika Anda menarik tuas rem depan, rem belakang akan secara otomatis mengerem. Hasilnya, berkendara lebih aman dan nyaman.

9. Speedometer Modern

Speedometer Modern

Speedometer Scoopy Tak kalah menarik, Honda Scoopy memiliki speedometer modern yang menggabungkan panel meteran digital dan analog. Speedometer juga dilengkapi dengan Indikator ECO yang dapat menjadi panduan untuk berkendara yang efisien.

Kekurangan Honda Scoopy

Kekurangan Honda Scoopy

Setelah mengetahui kelebihan dari Honda Scoopy, kini saatnya Anda mengetahui juga kekurangan matic ini. Kelemahan motor Scoopy adalah sebagai berikut:

1. Performa Biasa-biasa saja

Performa Biasa-biasa saja

Dengan bentuk yang unik, ternyata Honda Scoopy memiliki kekurangan dalam performanya. Kekurangan Honda Scoopy adalah karena hanya memiliki kapasitas mesin 110cc yang secara otomatis membuat tenaga dan torsi tidak terlalu besar. Dimana tenaganya mencapai 9,1 PS dan torsi 9,4 Nm.

Kapasitas mesin motor ini berada di bawah Yamaha Fino yang menggunakan mesin 125cc. Meski begitu, penjualan Honda Scoopy tetap berada di atas Yamaha Fino. Nah, pecinta otomotif Indonesia lebih memilih Scoopy karena desainnya yang terlihat lebih klasik, stylish, dan elegan.

2. Harga Cukup Mahal

Harga Cukup Mahal

Saat ini harga Honda Scoopy dibanderol melebihi 19 Juta Rupiah (OTR Jakarta). Bahkan untuk beberapa daerah bisa melebihi 20 Juta Rupiah. Padahal dengan harga sebesar itu kita sudah bisa mendapatkan motor matic yang memiliki kapasitas mesin lebih besar dan performa lebih bertenaga, seperti Yamaha Fino, Yamaha FreeGo, dan Yamaha Lexi.

Dapat dikatakan bahwa harga Scoopy terus meningkat. Padahal sebelumnya kita bisa mendapatkan motor ini dengan harga Rp 17 Juta. Dengan harga yang cukup mahal, tentunya banyak orang yang lebih memilih Scoopy bekas.

Nah, harga motor Scoopy bekas memang lebih terjangkau. Namun nama motor bekas, tentu kondisinya tidak akan 100% baik. Jadi sebaiknya kita cek dulu kondisi motor Scoopy bekas yang kamu beli, agar kamu tidak salah memilih yang salah.

3. Kapasitas Tangki Hanya 4 Liter

Kapasitas Tangki Hanya 4 Liter

Meskipun sepeda motor Scoopy besar, tangki bahan bakar Scoopy cukup kecil. Kapasitas tangki mesin yang digunakan untuk kendaraan Scoopy jenis ini adalah 4 L, sehingga kapasitas tangki tidak sebanding dengan bentuk bodi yang besar.

4. Rem Tromol Belakang

Rem Tromol Belakang

Salah satu kelebihan dan kekurangan honda Scoopy adalah rem belakang masih tromol. Andai saja Anda sudah menggunakan cakram belakang, tentunya kontrol pengereman akan lebih optimal. Untungnya, Honda telah melengkapinya dengan teknologi Combi Brake System agar sistem pengereman tetap optimal.

Akhirnya selesai juga meninjau kelebihan dan kekurangan Scoopy. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda semua agar tidak ragu untuk membeli motor matic Honda ini.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar