7 Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul Asap Putih dan Asap Hitam

Jangan panik, inilah penyebab dan cara mengatasi motor ngebul yang mengeluarkan asap putih atau hitam di motor matic, motor bebek, motor 4tak dan 2tak

Cara mengatasi motor ngebul - Banyak orang tidak memahami konsekuensi dari knalpot sepeda motor ketika dipanaskan di pagi hari. Hal ini sering terjadi pada produk motor keluaran terbaru misalnya, motor 4-tak tidak lagi mengeluarkan asap di knalpot. Namun, jika motor 4-tak mengeluarkan asap, itu berarti beberapa ciri-ciri ada komponen dari sepeda motor yang rusak.

Untuk ukuran motor 4 tak, asap bisa terjadi pada semua jenis motor, baik sepeda motor bebek, motor matic, maupun sport. Penyebab motor ngebul, yang pertama karena minyak dan yang kedua disebabkan oleh bahan bakar. 

Apakah bahaya jika motor mengeluarkan asap putih? atau asap hitam? Biasanya ketika mengalami motor ngebul pada knalpot, apabila motor keluar asap putih saat dipanaskan itu menandakan kondisi motor yang tidak normal yang disebabkan oleh oli. 

Nah, sedangkan asap hitam cenderung disebabkan oleh bahan bakar. Biasanya asap hitam yang keluar dari motor berasal dari motor karburator. 

Namun, kondisi ini jarang ditemukan oleh motor injeksi. Oleh karena itu, kini banyak orang yang menggunakan sepeda motor injeksi untuk menghindari asap hitam tebal. Asap hitam tebal memiliki bau yang menyengat, jadi jika Anda menghirupnya terlalu banyak dapat menyebabkan pusing.

Keluarnya asap hitam dari knalpot penyebab motor ngebul, biasanya terjadi karena kerusakan atau penyesuaian yang salah. Sebab, motor karburator ini masih mengandalkan penyesuaian manual. Selain itu, motor karburator juga dapat menghasilkan asap hitam ketika mekanik melakukan penanganan yang salah.

Sedangkan untuk motor injeksi, proses penyesuaian telah dibantu oleh sistem komputerisasi sehingga potensi kesalahan penanganan dapat diminimalisir atau diatasi. Jika motor injeksi mengeluarkan asap, biasanya asap putih yang keluar dari knalpot motornya. Hal ini terjadi karena kerusakan pada salah satu komponen motor.

Untuk mengetahui penyebab motor mengeluarkan asap dan cara mengatasi motor ngebul, silakan simak tips sepeda motor ulasan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Ngebul

1. Ring Piston Aus

Penyebab paling umum ditemukan, ketika motor mengeluarkan asap putih disebabkan oleh ring seher kena. Bentuk dari ring ini memang tidak sempurna, tapi ada celah yang memungkinkan ring ini masuk ke dalam ruang bakar.

Komponen ring dibagi menjadi 2 jenis, yaitu ring kompresi dan ring oli. Kedua ring tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Ring kompresi berfungsi untuk menutup celah antara piston dan blok silinder agar tekanan kompresi tidak bocor. Sedangkan ring oli berfungsi untuk mencegah pelepasan oli dari crank chamber (engkol) ke dalam ruang bakar.

Kedua celah di ring ini untuk memungkinkan ring memasuki ruang bakar. Namun, jika ring itu aus, celah di ring itu akan membesar. Akibatnya, oli yang terkandung dalam tangki oli bisa masuk ke ruang bakar dan menyebabkan knalpot motor mengeluarkan asap putih.

Ring Piston Aus

Jika kerusakan seperti ini terjadi, selain menyebabkan knalpot sepeda motor mengeluarkan asap putih, juga dapat mengurangi tenaga mesin atau mesin tidak akan menyala di siang hari.

Bagaimana cara mengatasi motor ngebul putih, Anda harus mengganti ring piston, agar tidak ada lagi asap putih yang keluar dari motor Anda. 

Cara mengganti ring piston memang tidak mudah, karena berada di jantung mesin. Untuk mengganti ring piston harus terlebih dahulu membongkar mesin motor. Lebih baik jika anda tidak bisa membongkar mesin kendaraan, bawa ke bengkel terpercaya dan terdekat.

2. Keausan Linner/Silinder

Keausan Linner/Silinder

Penyebab asap tipis yang keluar dari knalpot motor yang kedua adalah silinder mesin kena, sebenarnya kerusakan ini juga masih berkaitan dengan penyebab pertama yaitu ring piston hit.

Perlu Anda ketahui, cara kerja ring piston dengan liner saling bergesekan. Jadi, suatu saat kedua komponen ini akan aus. Jika komponen liner ini aus, bisa terjadi seperti masalah ring piston yang aus yaitu oli yang masuk ke ruang bakar. Oli yang masuk ke ruang bakar dapat menyebabkan knalpot mengeluarkan asap.

Gejala lain yang muncul dari kerusakan liner adalah motor menjadi sulit untuk dihidupkan saat cuaca dingin atau di pagi hari. Cara mengatasi kerusakan ini, Anda perlu melakukan bore up atau bubut kembali liner silinder. 

Untuk memperbaikinya, Anda harus menurunkan mesin sepeda motor Anda terlebih dahulu. Jika anda takut salah, sebaiknya bawa motor anda ke bengkel terpercaya.

3. Seal Katup Bocor

Pelepasan asap pada motor, tidak hanya terjadi oleh mesin di dalam oleh oli yang masuk ke ruang bakar. Namun, asapnya juga berasal dari bagian atas mesin. Fungsi katup adalah sebagai pintu yang bertugas memasukkan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas dari sisa-sisa pembakaran mesin.

Setiap katup akan terdiri dari beberapa seal yang dapat mencegah oli bocor ke manifold. Namun, seal ini dapat mengeras, yang mengurangi kekencangannya. Penyebab pengeringan seal disebabkan oleh faktor keausan.

Hasil dari seal katup yang rusak adalah oli dapat dengan mudah masuk ke manifold dan masuk ke mesin. 

Cara menghilangkan asap motor yang disebabkan oleh seal katup yang rusak ini adalah dengan mengganti seal katup dengan yang baru.

Baca juga: Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti Paling Mudah

4. Batang Katup Bengkok

Batang katup adalah batang yang terbuat dari besi yang berfungsi untuk menghubungkan katup dengan cam. Bagian katup harus benar-benar lurus 100% tanpa menekuk.

Jadi, jika batang katup ditekuk secara otomatis, posisinya tidak dapat dipusatkan. Sebab, lubang katup yang berisi seal sudah diatur di tengah dengan lubang intake. Jadi, jika batang ditekuk, satu sisi seal akan dikompresi dan satu sisi akan mengendur. Kendur akan menjadi cara bagi oli untuk memasuki manifold yang terhubung ke ruang bakar.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda sebenarnya bisa mengganti seal valve tanpa mengganti valve. Namun, jika Anda hanya mengganti seal katup maka masalah kerusakan akan kembali di lain hari.

Cara mengatasi motor ngebul agar tidak terjadi lagi, sebaiknya ganti kedua komponen tersebut dari seal klep sampai seal katup.

5. Pemasangan Klep Tidak Tepat

Pemasangan Klep Tidak Tepat

Sebenarnya kasus ini sama dengan kasus kesalahan di atas, perbedaannya adalah hanya pemasangan katup yang tidak tepat sehingga klep menjadi terganjal. 

Pada sistem ini, walaupun sama-sama katup intake namun posisi dari kedua katup tidak boleh tertukar.

Jika posisi tertukar, maka terdapat potensi bocor karena dudukan katup dan daun katup tidak cocok. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah, kalian hanya butuh menyekir katup agar dudukan katup bisa sesuai.

6. Efek Knalpot

pengaruh knalpot

Penyebab motor keluar asap putih tipis juga bisa disebabkan oleh knalpot itu sendiri. Beberapa jenis knalpot memang memiliki sistem yang dapat menyemprotkan oli ke knalpot. Hasil dari oli yang disemprotkan ke dalam sisa gas bakar akan terbakar, karena suhu gas buang cukup tinggi sehingga knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Kondisi seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu menjadi perhatian dengan catatan oli di mesin masih mencukupi. Untuk mengatasinya, lepaskan knalpot Anda dan coba nyalakan mesin. 

Jika motor keluar asap putih saat di gas tidak keluar, maka masalah ini tidak perlu dikhawatirkan lagi.

7. Oli Mesin Terlalu Encer

Oli Mesin Terlalu Encer

Oli yang terlalu encer akan menyebabkan oli masuk ke celah kecil di mesin. Biasanya, mesin normal dapat memberikan spesifikasi teknis serta oli bekas SAE.

Cara mengatasi motor yang ngebul pada knalpot sehingga mengeluarkan asap tipis, sebaiknya dengan mengganti oli motor sesuai spesifikasi SAE.

Baca juga: Ketahui Perbedaan SAE 5w-30, 10w-30, 20w-40, dan 20w-50 pada Oli

Bagaimana setelah membaca ulasan di atas untuk membenahi motor Anda, asap keluar dengan cara di atas. Namun, jika anda masih bingung bagaimana cara menangani motor yang terbakar, sebaiknya bawa motor anda ke bengkel terpercaya agar tidak salah langkah.

Nah, itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi motor menggembung. Cara yang kami sampaikan di atas sebenarnya cukup sederhana, asalkan kita tahu penyebabnya. 

Baca juga: 5 Penyebab Kenapa Oli Mesin Motor Cepat Habis Simak!

Namun jika Anda masih ragu, maka jangan ragu untuk pergi ke bengkel terpercaya yang sudah pasti memahami masalah mesin sepeda motor. 

Sekian informasi dari modifpedia.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan dalam mengatasi semua permasalahan sepeda motor.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar