10 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135 Old

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha MX 135cc Lama (OLD). Yuk simak buat kamu yang ingin mencari refrensi keunggulan dan kelemahan motor ini!

10 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135 Old - Masyarakat Indonesia yang masih muda maupun yang sudah tua tentunya sudah tidak asing lagi dengan Yamaha Jupiter MX 135. Pada awal kemunculannya, motor ini berhasil memasuki pasar karena desain dan penampilannya yang radikal.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Yamaha Jupiter MX 2006, berbeda dengan motor bebek pada umumnya, panel bodi berupa fairing dan menggunakan fender depan yang semakin dekat dengan ban seperti motor sport. Hal inilah yang kemudian membuat kuda besi tersebut disebut motor sport atau motor super.

Karena bentuknya, Yamaha Jupiter MX 135 dulunya adalah motor impian banyak anak muda. Meski merupakan motor bebek, namun terlihat lebih sporty dan menawarkan performa mesin yang hkamul pada masanya.

10 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135 Old

Dapur pacu mekanis menggunakan mesin 134,4 cc berpendingin cairan, 44 derajat upright single cylinder, SOHC, yang menjanjikan tenaga 12,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak 12,1 Nm pada 6.000 rpm. Tenaga maksimal dikawinkan dengan transmisi kopling manual 4 percepatan atau semi manual.

Daya tarik lainnya adalah bentuk tubuh yang semuanya meruncing dari depan ke belakang. Sehingga kesan dinamis begitu kuat pada Yamaha Jupiter MX yang diproduksi dari tahun 2005 hingga 2010.

Cangkang lampu juga merupakan fitur. Bentuknya adalah segitiga terbalik dan di bagian bawah adalah sekelompok lampu senja dan lampu sein. Meskipun kami belum menggunakan teknologi LED, bentuk lampunya entah bagaimana enak dipkamung, sederhana dan minimalis.

Di area kokpit, panel meter analog tertanam dalam bentuk speedometer dan volume bensin yang tersisa. Di atasnya ada indikator posisi roda gigi dan suhu mesin.

Speedometer Yamaha Jupiter MX

Nah untuk lebih detail penjelasan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh motor Yamaha Jupiter MX 135cc, simak ulasannya pada berikut ini.

Kelebihan Yamaha Jupiter MX 135 Lama

Yamaha Jupiter MX 135 lama juga memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya masih cocok untuk dimiliki di tahun 2021. Berikut ini 3 keunggulan motor Yamaha MX OLD.

1. Daya Responsif dari Gears 1 hingga 3

Daya Responsif dari Gears 1 hingga 3

Memadukan jeroan mesin dengan DiASil Cylinder, teknologi Forged Piston, dan ukuran stroke yang lebih panjang dari bore pada MX 135, membuat tarikan awal menjadi kuat. Baik model kopling atau tidak, akselerasi pada gigi 1 dan 2 terasa solid. Tapi itu bahkan lebih terkandung dalam gigi 3 dan napas lebih panjang.

Oleh karena itu, gigi 3 paling sering digunakan untuk mencapai daya maksimum ketika mencoba menyalip. Maka tak heran jika banyak yang menyukai performa dedengkot MX King saat mengganti gigi dari 2 menjadi 3.

Apalagi deru suara knalpotnya yang khas membuat orang mudah mengenalinya sebagai Jupiter MX 135. Tenaga di gigi 4 tidak lamban, masih bertenaga tetapi terbatas pada akselerasi 'finishing' untuk mencapai kecepatan tertinggi.

2. Mudah Mengejar Top Speed

Mudah Mengejar Top Speed

Masih terkait dengan poin pertama, tenaganya mudah dicapai di semua kecepatan mesin. Apalagi gear 3 yang bahkan bisa mencapai kecepatan 110 km/jam. Itu sebabnya Yamaha Jupiter MX lama menjadi kamulan kompetisi road race.

Jika gear 3 macet, sisa output daya masih bisa dimaksimalkan melalui fitur Throttle Position Sensor melalui gear 4 yang bisa mencapai kecepatan tertinggi sekitar 122 km/jam.

3. Karburator Berkabut, yang mudah dioprek sendiri

Di masa lalu, sistem alat penyemprot injeksi tidak populer. Itu sebabnya sebagian besar sepeda motor masih menggunakan alat penyemprot karburator seperti Yamaha Jupiter MX 135 lama. Keuntungannya adalah perawatannya lebih mudah dan sederhana.

Karburator Berkabut, yang mudah dioprek sendiri

Selain itu, pengguna dapat mengatur asupan udara atau bahan bakar sendiri sesuai kebutuhan karena tidak terintegrasi langsung ke dalam mesin. 

Misalnya, jika kamu mencari efisiensi, kamu dapat menyesuaikan campuran udara dan bensin sedikit, dan sebaliknya ketika kamu membutuhkan kinerja maksimum.

4. Harga Unit masih Murah

Harga Unit masih Murah

Salah satu kelebihan kenapa motor ini banyak dicari unit bekasnya adalah karena motor yang satu ini memiliki harga bekas yang murah, terlebih bila kita bandingkan dengan beberapa kompetitornya dari pabrikan Honda dengan tahun produksi yang sama.

5. Tersedia Dalam 2 Versi

Keunggulan atau kelebihan yang lainnya adalah motor Jupiter MX tahun 2006 ini mengusung dua versi yakni versi kopling dan versi non kopling.

6. Onderdil masih mudah ditemukan

Terjamin oleh pabrikan Yamaha, di mana MX yang merupakan salah satu motor bebek legendaris dari Yamaha cenderung memiliki onderdil yang mudah ditemukan baik part ori maupun part aftermarket-nya.

Kekurangan Yamaha Jupiter MX 135 Lama

Namun rasanya kurang tepat untuk menyebutkan kelebihannya tanpa merinci kelemahan Jupiter MX lama. Di bawah ini adalah 4 kekurangan dari Yamaha Jupiter MX 135 sehingga menjadi pertimbangan sebelum membelinya.

1. Bagasi sempit

Bagasi Yamaha MX 135 terlihat begitu sempit

Oke, bisa dibilang moped ini tidak memiliki kemampuan akomodasi yang baik. Karena penyimpanan bagasi relatif kecil. Paling-paling hanya cocok dengan sarung tangan atau jas hujan yang bisa dilipat kompak.

Pabrikan juga tidak menyematkan pengait di tengah motor. Jalan keluar untuk masalah ini biasanya bagi pengguna Jupiter MX untuk memasang kait atau pengait aftermarket untuk barang tambahan ke dek tengah. Tidak jarang menambahkan kotak di buritan motor.

2. Rem Belakang Masih Tromol

Hal ini juga menjadi salah satu kekurangannya yaitu rem belakang yang masih mengkamulkan drum. Semua orang tahu bahwa penyakit rem tromol adalah suara mencicit yang sering, jika bantalannya kotor dan bergesekan dengan bagian dalam roda.

Performanya juga tidak sebagus cakram. Selain itu, harga kampas rem tromol juga cenderung lebih mahal dibandingkan kampas cakram. Sebagai solusinya, tidak sedikit pengguna yang mengubahnya menjadi cakram dan menggunakan roda belakang aftermarket.

3. Ukuran Velg Terlalu Kecil

Ukuran Velg Terlalu Kecil dan Rem Belakang Masih Tromol

Tampilan Yamaha Jupiter MX lama sebenarnya sudah menawan dan menarik perhatian. Namun ibarat pebalap sudah pakai wearpack tapi bawahannya pakai skamul jepit. Jadi alih-alih pakai velg lebar, motor tersebut justru pakai velg yang relatif kecil sekitar 1.40 inci bagian depan dan 1.60 inci belakang. 

Oleh sebab itu ban bawaan stkamurnya juga kecil. Untuk depan 70/80 ring 17 dan belakang 80/90 ring 17. Namun begitu ukuran velg tersebut masih mampu menopang profil ban gambot maksimal 90/80 untuk depan dan belakang 110/80. 

Tak bisa lebih besar lagi karena bagian depan bisa mentok sepakbor, sedangkan belakang mentok karet pelindung monosok serta cover rantai pada Yamaha Jupiter MX. Namun konsekuensinya gear belakang jadi lebih cepat tajam karena tarikan menjadi lebih berat.

4. Boros Bahan Bakar

Sebanding dengan performa yang dikeluarkan ditambah dengan mesin yang masih mengusung karbu, konsumsi bahan bakar dari Jupiter MX tahun 2006 dapat dikatakan lebih boros, terlebih jika perbandingannya adalah motor-motor terkini yang sudah mengusung sistem injeksi.

Nah itulah daftar kelebihan dan kekurangan Yamaha Jupiter MX 135 Lama. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menjadi refrensi kamu sebelum membeli motor bebek terbaru dari Yamaha.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar