5 Kelebihan dan Kekurangan Honda Sonic 150R 2022, Yakin Pilih Motor Bebek ini?

Inilah daftar 5 kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150R 2022. Buat kamu yang mencari refrensi keunggulan dan kelemahan motor ini simak yuk!

5 Kelebihan dan Kekurangan Honda Sonic 150R 2022 - Motor bebek150 cc ini bisa dibilang segmen yang masih bisa hidup, dengan penjualan yang masih tergolong bagus. Beberapa alasannya karena motor ini menawarkan performa mesin yang setara dengan motor sport, dan juga tampilan yang menggiurkan.

Motor 150 cc sendiri memiliki model seperti pada umumnya, ada juga yang sering disebut ayam jantan, seperti Honda Sonic 150R 2022. Ciri khasnya adalah ia memiliki suspensi depan yang panjang seperti sepeda motor sport, dengan cangkang lampu yang terpasang padanya.

Dibandingkan dengan motor 150 cc biasa seperti Honda Supra GTR 150 atau Yamaha MX King 150, ayam jantan ini memiliki desain yang ramping. Target pasarnya adalah anak muda, dan Honda Sonic 150R adalah salah satu juaranya.

Nah jika kamu sedang mencari refrensi tentang daftar kelebihan dan kekurangan Honda Sonic 150R. Yuk, simak ulasannya pada berikut ini.

5 Kelebihan dan Kekurangan Honda Sonic 150R 2022

Kelebihan Honda Sonic 150R

Kehadirannya di Indonesia tentunya telah melalui banyak pertimbangan oleh AHM, apalagi ini adalah moped yang benar-benar baru, dan diproduksi secara lokal di Indonesia. Tentunya telah melalui sejumlah penyesuaian agar cocok untuk konsumen lokal.

Berikut ini merupakan apa-apa saja kelebihan dari motor Honda Sonic 150:

1. Desain Sporty dan Ramping

Desain body Honda Sonic 150r yang Sporty dan Ramping

Agar anak muda bisa dengan mudah mengendarainya dan bermanuver dengan mudah saat digunakan dalam kemacetan lalu lintas, motor ini memiliki ukuran yang ramping. Ukurannya panjang 1.941 mm, lebar 669 mm dan tinggi 977 mm dengan jarak minimum 140 mm.

Ketinggian joknya juga rendah, hanya 762 mm, sehingga mudah digunakan remaja. Jarak sumbu roda 1.275 mm dan bobot basah 114 kg memastikan motor ini terasa ringan dan juga lincah. Semuanya tidak terlepas dari penggunaan bingkai Twin Perimeter Frame.

Desain sporty menjadi daya tarik tersendiri, motor ini memiliki bentuk yang agresif dengan garis-garis bodi yang bersudut. Dari bentuk lampu depan dengan V Shape dan sudah LED, penutup underbone yang menutupi dari bagian bawah mesin hingga buritan, penuh dengan lekukan tajam.

Semuanya dipadukan dengan desain velg palang 12 yang sporty, apalagi ada pilihan warna dengan velg yang berwarna merah putih. Tentu saja, untuk pengereman sudah mengkamulkan cakram pada kedua roda.

2. Mesin dikenal ramah dan lincah

Mesin yang digunakan Sonic 150r dikenal ramah dan lincah

Soal propulsi, kamu tidak perlu ragu karena Honda Sonic 150R mengkamulkan jantung mekanik yang sama dengan Honda CB150R Streetfire dan Honda CBR150R. Hanya saja memang ada penyesuaian pada output mesin yang dilakukan.

Spesifikasinya 4 Tak, katup pendingin cair DOHC 4, dengan kapasitas 149,16 cc berkat penggunaan piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm. Transmisinya sendiri berupa manual 6-percepatan dengan pasokan bahan bakar injeksi PGM-FI.

Output yang bisa dihasilkan mencapai 16 PS pada putaran mesin 9.000 rpm, dengan torsi maksimal 13,5 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm. Mesin ini sendiri diklaim memiliki efisiensi bahan bakar sebesar 40,9 km/liter dengan menggunakan metode ECE-R40.

Apakah motor sonic hemat BBM? Karakter mesinnya tentu tidak jauh berbeda dengan saudara-saudaranya, akselerasinya relatif responsif. Kamu tidak perlu membuka tuas gas besar untuk memulai, tak heran jika penggunaan bahan bakar dinilai irit.

3. Fitur yang Layak

Fitur yang Layak ada di Honda Sonic 150R

Dengan harga lebih dari Rp20 jutaan, kamu akan mendapatkan fitur yang cukup lengkap dan canggih pada Honda Sonic 150R. Misalnya, lampu depan bersama dengan lampu senja sudah LED, meskipun lampu sein dan lampu belakang masih mengkamulkan lampu halogen.

speedometer, tachometer, posisi gigi sonic 150R

Kemudian full digital panel meter yang ringkas namun informatif, berisi speedometer, tachometer, posisi gigi, dan sejumlah lampu indikator. Di bawahnya ada kunci kontak dengan pengaman magnetik dan bagian bawah bodi yang mudah dilepas untuk modifikasi.

Suspensi depan teleskopik dengan rem cakram besar, dan suspensi belakang monoshock dengan rem cakram juga. Sayangnya, salah satu kekurangan motor honda sonic 150R adalah tidak adanya teknologi ABS, namun wajar saja karena di kelas ini tidak ada motor yang menggunakan teknologi ini.

Kekurangan Honda Sonic 150R 2022

Ada kelebihan tentunya ada kekurangan apalagi motor Honda Sonic 150 ini sudah lebih dari 5 tahun sejak pertama kali diperkenalkan. Semuanya didasarkan pada pengalaman mengendarai sepeda motor ini. Apa kekurangan Sonic 150?

1. Waktu Refreshment

Ya, sudah lebih dari 5 tahun, saatnya Honda Sonic 150R mendapatkan penyegaran. Tentunya hal ini harus dilakukan secara rutin agar konsumen tetap melirik lalu tertarik untuk membeli.

Sejauh ini, AHM baru memperbarui tampilan luarnya, yakni warna dan striping. Padahal biasanya AHM rajin update baik update baik minor maupun komprehensif. Apakah karena segmennya tidak terlalu heboh?

2. Tidak Ada Akomodasi

Tidak Ada ruang akomdasi tambahan di Honda Sonic 150R 2022

Meski terkesan punya banyak keunggulan, ada juga beberapa kelemahan Honda Sonic 150R. Karena menggunakan stang jepit, saat berboncengan jadi kurang nyaman. Dengan desain jok nungging, membuat penumpang sering kali merosot ketika motor ini direm. Apalagi dalam penggunaan jarak jauh, sekujur tangan dan bahu terasa pegal.

Motor ini agak sulit memang ketika kamu perlu membawa barang bawaan, karena tidak ada barang bawaan di belakang jok. Di belakang jok telah diisi dengan filter udara dan tangki bahan bakar.

Alhasil, suka atau tidak suka, kamu harus membawa ransel untuk membawa kebutuhan saat berkendara, seperti jas hujan. Atau kamu juga dapat memasang tas ekor saat menggunakannya untuk touring.

Ya, harus diakui bahwa era motor bebek sudah tergerus dengan kehadiran motor matic saat ini. Produsen juga telah merilis banyak model sporty yang menyasar konsumen muda.

Namun mengendarai Honda Sonic 150R bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu yang ingin tampil beda. Tentu dari segi performa, moped seperti ini lebih tinggi dari yang otomatis, yang juga memiliki kapasitas mesin 150 cc.

Nah itulah tadi daftar lima kelebihan dan kekurangan Honda sonic 150R 2022. Gimana? Yakin masih pilih motor ini sebagai motor harian kamu?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar