Mengatasi Motor Injeksi Mogok Setelah Kehabisan Bensin

Begini loh ternyata bagaimana cara mengatasi motor injeksi mogok setelah kehabisan bensin yang susah hidup. Yuk simak ulasannya pada berikut ini.

Bagaimana cara mengatasi motor injeksi mogok setelah kehabisan bensin? Secara umum, solusi mengatasi hal ini sangat mudah. Anda tak perlu ke bengkel untuk memperbaiki masalah tersebut. Bagi anda yang belum mengetahui solusi untuk mengatasinya yuk simak ulasan pada berikut ini.

Kini hampir semua motor matic terbaru sudah menggunakan teknologi injeksi. Teknologinya lebih canggih dari sistem pembakaran karburator yang digunakan pada teknologi sepeda motor lama. Selain lebih canggih, teknologi injeksi juga membuat motor ekonomis dan ramah lingkungan.

Meski motor injeksi memiliki banyak keunggulan, namun tetap ada masalah yang harus dihadapi. Masalah yang sering ditemui oleh pengendara sepeda motor ialah motor mogok atau susah dihidupkan setelah kehabisan bensin (BBM). Masalah ini bisa terjadi pada semua motor injeksi, baik itu motor otomatis, bebek, maupun sport.

Sebenarnya, setiap pabrikan telah melengkapi produk mereka dengan indikator bensin. Melalui indikator-indikator ini, anda dapat melihat sisa bahan bakar yang tersedia pada tangki bensin. Namun, pengendara sepeda motor sering gagal melihat indikator ini, sehingga kehabisan bensin.

Jika bensin habis, otomatis motor tidak bisa dinyalakan. Anda harus mengisinya terlebih dahulu. Setelah itu masalah lain akan muncul setelah mengisi bensin pada motor. Karena hal tersebut, biasanya motor akan sulit dihidupkan, padahal tangki bensinnya penuh. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Motor Injeksi Kehabisan Bensin

Mengatasi Motor Injeksi Mogok Setelah Kehabisan Bensin

Apa yg harus dilakukan jika motor injeksi kehabisan bensin? Saat motor matic injeksi kehabisan bensin, pengendara tidak perlu panik, segera menepi dan carilah pom bensin atau warung yang menjual bensin terdekat. Untuk pengisiannya sendiri bebas, bisa diisi penuh maupun diisi secukupnya saja.

Jika pada saat motor matic injeksi kehabisan bensin tersebut mengalami kendala susah hidup, cara mengatasinya adalah anda hanya perlu memutar kontak on-off sebanyak 5 kali sampai terdengar bunyi fuel pump. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan angin yang ada pada selang injektor.

Ada baiknya anda tidak langsung menyalakan mesin ketika motor kehabisan bensin. Sebaiknya putar kunci kontak 5 kali terlebih dahulu agar motor yang kehabisan bensin bisa dihidupkan dengan mudah.

Setelah mendengar suara pompa bahan bakar, Anda dapat menyalakan motor secara normal menggunakan tombol starter atau kick starter. Jika motor masih memiliki kick starter sebaiknya menggunakan metode ini terlebih dahulu.

Baca juga: 10+ Motor Matic Paling Irit Bensin Di Indonesia Terbaru 2022

Apa yang terjadi jika motor matic injeksi kehabisan bensin? Sistem injeksi tidak terpengaruh apabila motor kehabisan bensin. Jadi tidak masalah. Motor kehabisan bensin ya pasti mogok. Namun, sesudah diisi bensin tetap bisa dihidupkan normal.

Lantas Apa Penyebab motor injeksi Susah Hidup? ada beberapa indikasi yang menyebabkan motor injeksi susah hidup. Penyebabnya, antara lain karena kegagalan pengapian, kompresi ruang bakar bocor, dan kegagalan suplai bahan bakar yang artinya tangki motor kehabisan BBM sehingga membuat motor tersebut susah dinyalakan.

Kemudian Apa yang terjadi jika fuel pump pada sepeda motor injeksi mati? Jika pompa lemah, maka tekanan bensin akan melambat juga, sehingga membuat mesin harus dihidupkan berkali-kali. Hal ini bisa terjadi karena fuel pump biasanya tersumbat kotoran dan membuat asupan bahan bakar ke dalam ruang bakar tersedak.

Kami yakin bahwa motor injeksi yang kehabisan bensin akan segera bisa dinyalakan setelah suara pompa bahan bakar terdengar. Setelah motor menyala, Anda bisa menggunakannya secara normal, tanpa takut motor mati.

Jangan lupa untuk selalu mengecek indikator bahan bakar agar anda tidak mengalami hal yang sama di kemudian hari. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan bahan bakar berkualitas yang memiliki nilai RON sesuai standar pabrikan.

Untuk motor injeksi minimal gunakan Pertalite. Namun, jika anda memiliki uang lebih, jangan ragu untuk menggunakan Pertamax atau Pertamax Turbo yang memiliki RON lebih tinggi.

Baca juga: Irit dan Praktis, Inilah 6 Motor Matic Murah yang Cocok Buat Anda

Nah itulah sedikit singkat tips pengendara sepeda motor tentang bagaimana cara mengatasi motor injeksi mogok setelah kehabisan bensin atau bahan bakar. Semoga tutorial singkat di atas dapat membantu semua bikers yang mengalami kesulitan dengan motornya setelah kehabisan bensin.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar