10 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi di Tahun 2022!!

Inilah 10 kelebihan dan kekurangan Yamaha Lexi. Adapun keunggulan dan kelemahan di bandingkan honda vario. Yuk intip selengkapnya motor matic ini!!!

Kelebihan dan kekurangan Yamaha Lexi - Sebelum menjadi calon konsumen salah satu motor matic ini, anda wajib tahu mengenai keunggulan dan kelemahan Yamaha lexi sebelum memutuskan untuk membelinya.

Yamaha Lexi adalah bagian dari keluarga Maxi Yamaha. Saudara dari Yamaha NMax ini memiliki spesifikasi yang cukup oke, dengan harga mulai dari Rp 21 juta untuk varian terendah dan Rp 27,3 juta untuk varian tertinggi.

Nah, bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai kelebihan dan kekurangan Yamaha Lexi terbaru, yuk simak ulasan pada berikut ini.

Kelebihan Yamaha Lexi

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi

1. Memiliki bodi menyamai Yamaha Nmax

Memiliki bodi menyamai Yamaha Nmax

Lexi ditawarkan dalam beberapa varian, namun kali ini pembahasannya difokuskan pada varian tertinggi, yaitu S ABS.

Jika dilihat sekilas tampilan Yamaha Lexi sangat mirip dengan NMax, terutama di bagian depan. Yamaha sengaja membuat desain depan Lexi mirip dengan saudaranya, namun bentuk dan mesinnya dibuat sedikit lebih kecil.

Kaca depan, setang, spatbor, dan velg sangat identik dengan karakteristik NMax. Tetapi pada pemeriksaan lebih dekat, perbedaan antara keduanya bisa lebih mudah dikenali.

Baca juga: 8 Kelebihan dan Kekurangan Nmax di Tahun 2022, Yuk Beli!

2. Ruang penyimpanan yang besar

Ruang penyimpanan yang besar

Selain itu, dari segi karakter, Lexi dan NMax juga sangat mirip, keduanya mampu membawa barang bawaan dalam jumlah besar di bawah jok.

Namun, ada sedikit nilai tambah yang ditawarkan oleh Lexi, di mana pengguna dapat meletakkan barang bawaan mereka di dek sepeda motor, karena Lexi mengadopsi desain dek datar, alias pijakan kaki depan datar.

Sedangkan Yamaha NMax memiliki punuk di dek sebagai tangki bahan bakar. Sehingga tidak mungkin untuk meletakkan barang bawaan, terutama yang berdimensi cukup besar, seperti galon air mineral.

3. Suspensi Nyaman

Suspensi Nyaman

Berbicara soal kenyamanan saat berkendara, Yamaha Lexi bisa dikatakan lebih unggul dari kompetitor terdekatnya, Honda Vario 125.

Karakter suspensi Yamaha Lexi terbilang lunak dibandingkan dengan Vario yang menurut kami memiliki karakter hard suspension. Sebab, Lexi menggunakan suspensi model sub-tank di bagian belakang.

Suspensi depan dan belakang Lexi memiliki perpaduan yang menurut kami tepat untuk digunakan di jalan perkotaan.

Kursi Lexi juga cukup empuk, bahkan lebih nyaman untuk diduduki daripada kursi Yamaha NMax.

4. Ukuran Ban Lebih Besar

Ukuran Ban Lebih Besar

Selain suspensi dan jok, faktor lain yang membuat Lexi begitu nyaman dikendarai adalah ukuran bannya.

Ban pada motor matic ini berukuran dengan panjang 1.970 mm lebih besar dari kompetitornya.

Berikut ini adalah perbedaan ukuran ban Lexi dan Vario:

Soket Tenaga Listrik Perbedaan spesifikasi ban adalah asumsi kami mengapa Lexi lebih nyaman dikendarai daripada Vario 125.

Yamaha menyediakan soket tenaga listrik yang terletak di laci depan. Fitur ini sengaja ditambahkan, mengingat saat ini gadget sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang.

soket tenaga listrik yang terletak di laci depan Yamaha Lexi

Pemilik sepeda motor dapat dengan mudah mengisi baterai gadget, hanya pengguna yang harus menyediakan charger yang lebih ringan yang biasanya digunakan pada mobil, sehingga kabel pengisian baterai dapat dihubungkan dengan gadget.

Bagi mereka yang sering bepergian jarak jauh, fitur ini sangat membantu. Pengguna dapat mengisi daya baterai gadget saat bepergian tanpa khawatir baterai hampir habis.

5. Mesin VVA Turunan Yamaha Aerox

Mesin VVA Turunan Yamaha Aerox

Meskipun kapasitas mesinnya hanya 124, 7 cc, 1 silinder, tetapi kinerjanya cukup baik. Karakter mesin Lexi lebih kuat pada RPM atas berkat penggunaan teknologi variable valve actuation (VVA).

Sistem VVA ini akan bekerja ketika kecepatan mesin mencapai 6 ribu rpm. Ketika sistem VVA aktif, torsi mesin akan terasa merata di setiap putarannya.

Secara teknikal, ECU akan menggeser pin yang digerakkan oleh solenoida untuk mengunci lengan bawah sehingga bergerak sejajar dengan lengan rocker yang tinggi.

Mesin Lexi merupakan turunan dari mesin Aerox, hanya dibedakan dari segi kapasitas mesin dan gandar yang memiliki durasi lebih kecil.

6. Punya Lampu Hazard

Punya Lampu Hazard

Yamaha Lexi dilengkapi dengan lampu hazard yang dapat dinyalakan saat dalam keadaan darurat, untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan lain, terutama untuk kendaraan di belakang.

Lampu hazard dapat dinyalakan dengan menekan tombol dengan logo segitiga di stang kanan.

Kekurangan Yamaha Lexi

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi

Setelah membahas kelebihan, mari kita kupas mengenai kekurangan Yamaha Lexi. Ada beberapa poin yang menurut kami menjadi kelemahan utama dari motor matic Yamaha lexi yang meliputi:

1. Perbedaan Harga Antar Varian Terpaut Jauh

Perbedaan Harga Antar Varian Terpaut Jauh

Kelemahan pertama dari motor matic Yamaha Lexi buatan Jepang ini adalah perbedaan harga antar varian terpaut cukup jauh.

Antara varian terendah dengan tengah punya selisih harga Rp2,9 juta, sedangkan selisih tipe terendah dengan tertinggi mencapai Rp5,6 jutaan. 

Konsumen yang membeli varian rendah tidak bisa menikmati kelengkapan fitur unggulan seperti rem ABS, suspensi sub-tank, dan kunci keyless.

2. Jok Tinggi

Jok Tinggi

Pengguna yang memiliki tinggi di bawah 175 cm akan sedikit sulit untuk dapat duduk dalam posisi yang sempurna di Yamaha Lexi.

Posisi kursi yang tinggi akan menyulitkan pengendara untuk meletakkan kedua kakinya saat dihentikan.

Berdasarkan data spesifikasi, ketinggian jok Yamaha Lexi mencapai 785 mm, lebih tinggi dari produk Yamaha lainnya seperti Fino (745 mm), Mio S (750 mm), dan NMax (765 mm).

3. Kapasitas Tangki Kecil

Kekurangan lain dari Yamaha Lexi, terdapat penyimpanan bahan bakar yang relatif kecil. Tangki Yamaha Lexi hanya mampu menampung 4,2 liter bensin.

Padahal kompetitornya memiliki kapasitas penyimpanan BBM yang lebih besar, yaitu 5,5 liter. Meskipun tangkinya yang kecil yamaha lexi termasuk salah satu motor matic yang irit BBM

4. Kompartemen Depan Sempit

Kompartemen Depan Sempit

Kompartemen untuk penyimpanan barang di bagian depan Yamaha Lexi menurut kami cukup sempit. Sebagai skuter, itu harus dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang besar.

Kompartemen Lexi hanya di sisi kiri, hanya dapat diisi dengan botol air kecil dan smartphone. Sementara di sebelah kanan, Yamaha menghabiskan ruang di kompartemen untuk pengapian.

Baca juga: 15+ Motor untuk Perempuan yang Keren dan Ringan Untuk Berpergian

Dengan penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Yamaha Lexi sebelumnya, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut sebelum memutuskan untuk membeli.

Keunggulan utama dar motor matic Yamaha Lexi ini adalah terletak pada suspensinya yang lembut, sehingga sangat nyaman untuk dikendarai. Namun, kelemahan terbesar ada di sisi perbedaan harga antara varian yang terlalu jauh dan perbedaan fitur yang signifikan.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

1 komentar

  1. Ini mtr paling sesuai kebutuhan sy cm sayang itu jok ketinggian aja