10 Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT Deluxe, CBS 2022

Inilah keunggulan dan kelemahan Honda All New BeAT. Yuk simak apa saja kelebihan dan kekurangan Honda BeAT 3 Varian ini yakni, CBS, CBS IIS dan Deluxe

Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT - Sejak pertama kali dirilis pada 2008 lalu, Honda BeAT langsung mencuri perhatian. Tak butuh waktu lama, ia langsung menjadi motor matic terlaris di Indonesia.

Tidak heran orang memanggilnya raja motor matic. Dalam penjualan nasional hingga awal 2020, seri Honda BeAT dikabarkan telah terjual lebih dari 17 juta unit. Honda BeAT dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Di awal tahun 2020, Honda BeAT generasi kelima muncul, dan kini ia berstatus All New. Namun bagi Anda yang ingin melamar motor tersebut, Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Honda BeAT sebelum anda membeli motor matic ini.

Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh motor matic Honda BeAT. Ada 3 varian motor BeAT yaitu Honda BeAT CBS, Honda BeAT CBS IIS, Honda BeAT Deluxe semoga penjelasan tersebut dapat menjadi referensi dan bahan pertimbangan sebelum membeli motor matic ini.

Kelebihan Honda BeAT

Kelebihan dan Kekurangan Honda BeAT Deluxe, CBS 2022

1. Mesin Generasi Terbaru

Mesin Generasi Terbaru

Meskipun dimensinya lebih kecil dari sepeda motor Honda lainnya, ia memiliki akselerasi yang cepat. Apalagi model saat ini menggunakan mesin SOHC 110 cc generasi terbaru.

Pembaruan mencakup diameter piston dan panjang langkah yang berbeda dari pendahulunya. Kini gunakan 47 mm x 63,1 mm yang diklaim lebih responsif.

Kompresi juga ditingkatkan menjadi 10:1. Mesin overstroke ini sengaja dibuat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan performa.

Hasilnya, ia mampu menghasilkan 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi 9 Nm pada 6.500 rpm. Teknologi mesin masih menggunakan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam serangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

Baca juga: Modifikasi Motor BeAT 2018 : Simple Bikin GANTENG WARBIASAH!

2. Irit Bahan Bakar Minyak

Irit Bahan Bakar Minyak

PT Astra Honda mengklaim bahwasanya All New Honda BeAT lebih efisien dan ramah lingkungan karena telah lulus tes Euro 3.

Berkat penggunaan fitur ISS, satu liter bahan bakar dapat membawanya hingga 60, 6 km. Kapasitas bensin sekarang 4, 2 liter, sehingga dapat menempuh jarak 254, 52 km dalam satu pengisian bahan bakar penuh.

3. Lincah dan Gesit

Lincah dan Gesit

Sejak awal, Honda BeAT dikenal sebagai kendaraan yang lincah dan gesit. Itu karena memiliki tubuh yang kecil dan langsing.

Selain itu, model terbaru sudah menggunakan sasis yang disebut Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Teknologi rangka ini diklaim 8 persen lebih ringan dari model pipa besi. Hal ini memudahkan pengemudi untuk bermanuver saat berada dalam kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Modifikasi Honda Beat Karbu Simple Ala Road Race Terbaru 2022

4. Body Makin Stylish dan Sporty

Body Makin Stylish dan Sporty

Kemunculan Honda BeAT mengusung bodi dan desain yang mengikuti tren. Memiliki model yang compact, stylish, fun dan sporty

Oleh karena itu, motor matic ini sangat diminati oleh semua kalangan, tua dan muda, pria atau wanita. Apalagi generasi baru, terlihat lebih sporty dengan konsep bodi yang memiliki banyak lekuk tubuh yang kokoh dan tajam.

Tampilan depan mengingatkan kita pada Seri Vario. Bentuk lampu utama seperti huruf 'V'. Ada banyak lekukan tajam di sekujur tubuhnya. Dibandingkan dengan skuter kelas, ini lebih sporty. Dimensinya 1.877 x 669 x 1.074 mm (W x W x H). Sedikit lebih besar dari yang lama (1.856 x 666 x 1.068 mm).

5. Fitur Berlimpah

Fitur Berlimpah

Kini lampu utama yang diusung adalah teknologi LED. Membantu saat mengemudi di malam hari, lebih cerah dan lebih fokus dan lebih hemat energi.

Meski masih merupakan kombinasi dari digital dan analog, panel meteran memiliki tampilan yang lebih mewah. Jangan lupa indikator ECO pada kluster instrumen. Sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Menanggapi kebutuhan konsumen, ia memiliki sektor keamanan yang mumpuni. Sekarang kunci kontak disematkan dengan fitur rana kunci aman dan telah diintegrasikan dengan pembuka kursi. Berbeda dari versi sebelumnya yang hanya menggunakan magnetic lock safety.

Jangan lupa pengisi daya daya 12W (12V 1A) yang terletak di bawah kunci kontak, tepatnya di rak bagian dalam kanan. Cukup berguna ketika pengemudi kehabisan daya baterai. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk tipe CBS-ISS dan Deluxe BeAT.

Combi Brake System (CBS), Side Stand Switch, dan Parking Brake Lock merupakan fitur standar yang harus ada di seluruh lini skuter Honda, termasuk Honda BeAT generasi terbaru. Tentu saja, unggulannya adalah Idling Stop System (ISS).

Fitur yang dapat mematikan mesin saat berhenti selama lebih dari 3 detik. Dipadukan dengan teknologi ACG Starter yang membuat suara mesin terdengar lebih halus saat dihidupkan. Fitur ini tidak ada di varian yang lebih rendah.

6. Berbagai Macam Varian Warna

Berbagai Macam Varian

Total ada 3 tipe yang ditawarkan dengan 9 pilihan warna. Tipe CBS ada Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black

Untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna; Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black. Sementara tipe Deluxe (CBS-ISS) punya warna mewah yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver. Keduanya memiliki emblem 3D di tiap sisi bodi.

7. Harga Terjangkau

BeAT merupakan salah satu motor skutik Honda yang paling terjangkau. Memiliki kualitas yang bagus, performa cukup mumpuni, fitur canggih dan model kekinian.

 Saat ini ia dijual Rp 16,4 juta untuk varian terendah, Rp 17,1 juta buat tipe CBS-ISS dan Rp 17,2 juta untuk varian tertinggi. Ketiga harganya sudah berstatus OTR Jakarta.

Kekurangan Honda BeAT

Kekurangan Honda BeAT

1. Dimensi Terlalu Kecil

Karena dimensinya terlalu kecil, tidak semua orang bisa mengendarainya dengan nyaman. Apalagi orang dengan bodi besar tentunya akan kesulitan menggunakan Honda BeAT.

Motor matic ini lebih cocok untuk wanita dengan berat badan normal, sehingga terlihat lebih fleksibel saat digunakan. Mungkin alasan perusahaan membuat kendaraan dengan bodi kecil adalah karena dikhususkan untuk wanita. Namun tidak ada salahnya jika pria juga menggunakan BeAT.

2. Ruang Pijak Sempit

Selaras dengan bodinya yang mungil, maka ruang pijak juga tidak terlalu besar. Kaki pengendara tidak leluasa untuk bergerak, jadi mudah lelah ketika dibawa perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Irit dan Praktis, Inilah 6 Motor Matic Murah yang Cocok Buat Anda

3. Bagasi Tidak Besar

Bagasi Tidak Besar

Kapasitas bagasi pada Honda BeAT generasi terbaru memang meningkat. Namun hal tersebut tidak mencukupi. pengendara akan kesulitan jika membawa banyak barang bawaan.

Ruang penyimpanan di bawah jok atau yang disebut bagasi sekarang menjadi 12 liter. Hanya cukup dengan meletakkan barang-barang kecil, seperti jas hujan, buku, sarung tangan, gelas, atau botol minum 600ml. Jangan berharap untuk mengisi helm, karena itu tidak mungkin.

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Honda BeAT Delux, CBS, dan CBS IIS. Sejatinya semua kendaraan memiliki kelebihan serta kekurangan.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar