8 Cara Menghitamkan Ban Motor Kusam Agar Terlihat Mengkilap Kembali

Bagaimana cara menghitamkan ban motor kusam agar terlihat mengkilap kembali? Simak tutorial tips bahan penghitam ban motor yang baik dan benar!

Cara menghitamkan Ban Motor - Siapa yang tidak ingin memiliki kendaraan yang terlihat keren, bersih, dan berkilau seperti baru? Sayangnya, sepeda motor akan menjadi kotor dan kusam saat digunakan, terutama bannya. Namun, tenang saja karena ada beberapa cara menghitamkan ban motor agar mengkilap kembali.

Cara mengkilapkan ban sepeda motor sebenarnya sangat mudah lo. Selain penampilan, menjaga kondisi ban sepeda motor juga penting. Apalagi ban sepeda motor menjadi fondasi kendaraan. Kondisi ban juga mempengaruhi keselamatan berkendara.

Sayangnya, banyak yang lalai melakukan perawatan ban karena dianggap tidak penting. Padahal, ban yang kotor akan terlihat kusam dan pucat, sehingga mengurangi kelincahan dan kegagahan motor. 

Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan tips sepeda motor: cara menghitamkan ban yang kusam agar langsung mengkilap kembali.

Cara Menghitamkan Ban Motor

Cara Menghitamkan Ban Motor Kusam Agar Terlihat Mengkilap Kembali

1. Dengan menggunakan Semir Ban

Dengan menggunakan Semir Ban

Cara termudah untuk menghitamkan ban sepeda motor adalah dengan menggunakan produk semir penghitam ban motor. Produk semacam ini banyak dijual di pasaran dan harganya cukup murah. Bahkan, beberapa juga tersedia dalam kemasan sachet.

Jika ini pertama kalinya Anda mencoba menghitamkan ban sepeda motor dengan produk ini, cobalah membeli paket ukuran kecil terlebih dahulu. Kemudian, lihat apakah hasilnya memuaskan.

Jika cocok, Anda dapat terus menggunakan merek tersebut. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat mencoba merek lain di pasaran.

Umumnya, poles motor yang kuat terbuat dari silikon cair. Kandungan yang terkandung di dalamnya mampu membuat ban sepeda motor menjadi hitam dan mengkilap secara instan.

Selain dengan menggunakan semir ban, ada pula cara menghitamkan ban motor dengan semir sepatu untuk mengkilapkan kembali ban sepeda motor mereka yang kusam dan kotor. Metode ini terbilang ampuh juga. Dan sebagai pengendara telah berhasil menggunakan metode ini.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ban Sepeda Motor Agar Lebih Awet

2. Manfaatkan Pasta Gigi

Manfaatkan Pasta Gigi

Ingin tahu cara yang lebih praktis untuk menghitamkan ban sepeda motor? Coba gunakan pasta gigi. Produk ini biasanya ada di setiap rumah tangga sehingga Anda tidak perlu repot-repot pergi ke toko untuk membelinya.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi secara menyeluruh pada permukaan ban.

Selain menghitamkan ban sepeda motor, Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan bagian lain. Kandungan dalam pasta gigi diketahui dapat menghilangkan karat, misalnya pada knalpot atau roda.

Selain pasta gigi, bahan sederhana seperti sunlight juga dapat digunakan sebagai alat untuk menghitamkan ban motor. Beberapa penggunakan sepeda motor juga sering menggunakan sunlight yang dioleskan pada tepi ban, agar ban motor terlihat mengkilap.

3. Pakai Teh Manis Kemasan

Pakai Teh Manis Kemasan

Cara menghitamkan ban motor yang satu ini mungkin terdengar aneh. Bahkan, sudah banyak yang membuktikan hasilnya dan ternyata cukup efektif.

Anda dapat menggunakan teh manis kemasan dari merek apa pun. Harganya juga murah dan biasanya dijual di warung dekat rumah.

Untuk kemasannya sendiri, ada yang dijual dalam botol atau kotak. Anda bebas memilih yang mana.

Untuk menghitamkan ban sepeda motor yang kusam dengan teh manis kemasan, Anda bisa langsung mengoleskan cairan teh tersebut pada permukaan ban. Gunakan kuas atau kain agar lebih mudah diaplikasikan secara merata.

4. Gunakan Campuran Cat Kayu dan Bensin

Gunakan Campuran Cat Kayu dan Bensin

Metode ini bisa dibilang anti-mainstream. Namun, tidak ada salahnya mencoba jika Anda tidak puas dengan metode lain.

Beberapa orang telah membuktikan kemanjuran metode ini. Namun, campuran ini tidak dibuat dengan ukuran acak, ya.

Untuk membuat semir ban motor alami dengan cairan pembersih dari bensin dan cat kayu, Anda perlu mencampurnya dengan cairan pemoles. Rasionya adalah 3:1:1 dengan urutan bensin, semir, dan cat kayu. Setelah tercampur merata, zat pemoles ini dapat segera digunakan.

Baca juga: 7 Cara Menghitamkan Dashboard Motor Kusam dan Pudar, Bisa Di Rumah!

5. Gunakan Minyak Goreng

Gunakan Minyak Goreng

Ya, itu benar, Anda tidak salah membacanya. Cara menghitamkan ban sepeda motor bisa dilakukan dengan menggunakan minyak goreng.

Cara ini juga terbilang ampuh, mudah, dan sangat murah. Namun, pastikan Anda menggunakan minyak segar, ya. Pasalnya, menghitamnya ban sepeda motor dengan minyak jelantah akan meninggalkan bau yang tidak sedap.

Cara menghitamkan ban motor dengan minyak goreng sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak menggunakan sikat atau kain. Kemudian, gosok perlahan sampai mengkilap.

6. Pakai Baking Soda

Pakai Baking Soda

Cara menghitamkan ban motor juga menggunakan produk yang ada di dapur. Baking soda kerap dipakai sebagai bahan tambahan dalam membuat kue.

Selain itu, baking soda juga dapat dipakai untuk membersihkan barang-barang di rumah. Nah, sekarang saat Anda mencoba memakai baking soda untuk menghitamkan ban motor yang kusam.

Caranya mudah, kok. Pertama, campurkan serbuk baking soda dengan sedikit air. Tuangkan air sedikit saja dan aduk merata hingga teksturnya seperti pasta. Selanjutnya, gosokkan pada permukaan ban yang kusam menggunakan lap.

7. Gunakan Silikon Cair

Gunakan Silikon Cair

Bahan yang satu ini memang kerap digunakan sebagai bahan utama untuk membuat semir ban motor. Kalau Anda ingin membuat cairan pengilap ban sendiri juga bisa, kok.

Untuk membuat cairan penghitam ban motor, campurkan silikon cair dengan terpentin. Perbandingannya 70:30. Pastikan kedua bahan ini tercampur secara merata.

Cairan penghitam ban bisa langsung Anda gunakan.

8. Pakai Minuman Bersoda

Pakai Minuman Bersoda

Tips ini sama seperti sebelumnya ketika menghitamkan ban motor dengan minuman teh manis kemasan. Anda hanya perlu membeli minuman bersoda yang biasanya dijual dalam botol.

Selanjutnya, tuangkan minuman soda ke dalam wadah. Kemudian, gunakan kuas untuk mengoleskannya pada permukaan ban. Jangan lupa gosok dengan lap atau kanebo agar merata.

Nah itulah beberapa tips cara menghitamkan ban motor yang kusam. Lakukan metode ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda tidak perlu menggunakan metode yang sama berulang kali, Anda juga dapat mencoba beberapa metode secara bergantian. Manfaatkan bahan-bahan yang Anda miliki di rumah untuk menghemat uang. Semoga sukses!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar