Cara Ganti Oli Mobil Avanza Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel

Bagaimana cara ganti oli mobil avanza? Buat anda yang lagi sedang mencari refrensi Yuk simak ulasan 9 langkah mengganti oli mobil sendiri pada berikut

Cara Ganti Oli Mobil Avanza - Berapa km (kilometer) untuk mengganti oli mobil? Setiap 5.000 kilometer, pemilik mobil pasti akan melakukan ritual wajib, yakni mengganti oli mobil. Cara mengganti oli mobil sebenarnya tidak terlalu rumit dan bisa anda lakukan di rumah.

Namun, karena kurangnya pengetahuan tentang bagaimana cara ganti oli mobil Avanza, banyak dari kita menyerahkan hal yang satu ini ke bengkel.

Jika melihat dari sisi pengeluaran, biaya penggantian oli mobil untuk mesin mencapai Rp 35 ribu di bengkel, itu belum termasuk tips ke mekanik kan.

Sementara itu, harga oli mobil empat liter berkisar Rp 350 ribu hingga jutaan rupiah. Itu semua tergantung pada mereknya.

Jika Anda memahami cara mengganti oli mesin mobil sendiri terutama mobil Avanza, Anda tidak perlu lagi merogoh kocek ekstra Rp 35 ribu. Beli saja oli, dan ganti sendiri di rumah

Cara Ganti oli mobil Avanza sendiri

Cara Ganti oli mobil Avanza sendiri

Persoalan untuk mengganti oli tidak semudah mencuci kendaraan atau memoles goresan halus, bukan? Harus ada pengetahuan dasar tentang langkah-langkah yang harus Anda pahami.

1. Siapkan peralatan ganti oli mobil

Sebelum mengganti oli mobil Avanza anda atau mobil merk lainnya, siapkan peralatan terlebih dahulu. Pertama, Anda membutuhkan kunci yang pas dan wadah atau baskom untuk menampung oli bekas tersebut.

Apakah kompresor perlu disemprot terlebih dahulu agar proses pengurasan oli cepat? Tidak perlu, tidak apa-apa. Jika disemprotkan tetapi kompresor mengandung air, itu bisa berbahaya.

2. Pastikan suhu mesin sesuai

Suhu mesin yang ideal saat mengganti oli adalah hangat atau tidak dingin dan tidak panas. Jika mesin hangat atau hanya dipanaskan, kotoran akan tercampur dengan oli dan akan terbuang-nantinya. Selain itu, oli mengalir dengan mudah saat tutupnya dibuka.

3. Buka kap mesin dan kenop ganti oli

Buka kap mesin dan kenop ganti oli

Setelah membuka kap mesin, buka juga kenop tempat pengisian oli berada. Mengapa demikian? Karena dengan metode ini, proses pengurasan oli dapat berjalan dengan cepat dan lancar.

4. Buka baut penguras oli

Nah, tahap ini agak rumit. Baut pembuangan yang harus dibuka berada di bawah blok mesin. Cara membukanya bisa dengan kunci pas, dan jangan lupa untuk melepas gasket atau ring terlebih dahulu.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk meletakkan baskom di bawah baut penguras oli, oke? Fungsinya sebagai pengumpul oli bekas.

5. Lepaskan filter oli

Langkah selanjutnya untuk mengganti oli mobil itu sendiri adalah cara membuka filter oli mobil, dengan menggunakan kunci pas. Filter oli motor Jepang berbentuk bulat dan memiliki paking juga. Jika filter terlihat kotor, ganti filter dengan yang baru.

6. Tiriskan oli

Ketika baut terbuka dan filter ada di tangan, maka biarkan oli lama atau oli bekas di mobil Anda mengalir di baskom. Proses ini disebut proses pengurasan oli. Jadi, biarkan saja oli tersebut menetes sampai habis.

7. Tutup baut penguras oli

Setelah dikeringkan, ember Anda akan penuh dengan minyak bekas hitam. Jangan lupa pasang kembali baut penguras oli dan gasket untuk menghindari kebocoran. Setelah dipasang, periksa kembali apakah oli masih menetes atau tidak.

8. Pasang filter oli

Ganti filter oli dengan benar. Putar filter oli hingga terasa agak kencang, bisa juga dibantu dengan kunci pas. Namun, berhati-hatilah saat memasang baut. Jika terlalu keras maka benang akan rusak, dan akan ada potensi oli bocor di kemudian hari. Jika oli bocor, dompet juga bocor untuk memperbaiki mesin.

9. Tuang oli baru, langkah terakhir adalah cara mengganti oli mobil sendiri

Jika baut penguras oli terpasang rapat, maka sudah saatnya Anda menuangkan oli baru ke dalam lubang yang terletak di bagian atas mesin. Perhatikan juga batas maksimal oli mobil Anda, jangan sampai terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Setelah itu, tutup kenop untuk ganti oli, tutup kap mesin, dan nyalakan mesin selama tiga menit terlebih dahulu, sebelum diajak jalan-jalan.

Video Terkait Cara Ganti Oli Mobil Avanza

Bagaimana, seberapa mudah cara ganti oli mobil Avanza di atas? Lalu, bagaimana jika mobil tersebut jarang digunakan? Jika mobil jarang digunakan, kapan Anda mengganti oli mesin?

Disarankan untuk mengganti oli mesin mobil yang jarang digunakan setiap 6 bulan sekali. Jangan menunggu sampai setahun.

Jika anda tidak yakin bisa mengganti oli mobil anda sendiri, ada baiknya anda belajar dengan mekanik di bengkel biasa. Carilah bengkel ganti oli mobil terdekat dari tempat tinggal Anda.

Perhatikan baik-baik caranya, atau catat saja prosesnya agar Anda bisa mengingat cara mengganti oli mobil. Secara umum, mengganti oli untuk Avanza atau mobil lain adalah sama.

Kalau punya mobil, jangan asal pakai ya oke? Jika Anda bisa merawatnya dengan tangan Anda sendiri, itu akan lebih stabil dan ekonomis. Nah, Anda bisa mulai mempraktekkan cara mengganti oli mobil Avanza sendiri di rumah dan selalu lindungi keuangan Anda dengan asuransi mobil syariah. Semoga sukses!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar