Takut Bodong? Begini 3 Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak

Takut membeli motor bodong? Ternyata begini cara mengecek sepeda motor bermasalah atau tidak. Penting! yuk simak pada ulasan berikut ini,

Cara cek motor bermasalah atau tidak – Mau punya motor untuk kebutuhan transportasi sehari-hari dan berencana membeli motor bekas baik matic ataupun transmisi manual karena tertarik dengan harga murah? Tentu saja, selama kondisi motor masih bagus bagi Anda membeli, sepeda motor bekas atau second merupakan hal yang lumrah.

Namun sebelum membeli motor bekas, Anda juga harus mengetahui cara cek motor tersebut bermasalah atau tidak. Dengan begitu Anda bisa memastikan motor bekas tersebut tidak dicuri atau motor bodong (motor tanpa surat dokumen seperti BPKB &STNK).

Maraknya tindak kriminal pencurian sepeda motor yang kemudian dijual dengan harga murah oleh orang yang tidak bertanggung jawab tentu akan sangat merugikan pembeli. Lebih buruk lagi, Anda juga bisa dituduh sebagai "tanda terima" sepeda motor curian.

Oleh karena itu, selain mengetahui cara membeli motor bekas, setidaknya mengetahui cara cek motor bermasalah atau tidak dengan leasing atau keabsahan dokumen dapat meminimalisir hubungan Anda dengan hukum.

Oleh karena itu, sesuai dengan judul di atas, kami akan menjabarkan penjelasan lengkap mengenai apa saja kerugian membeli motor bodong atau motor yang bermasalah dan cara mengecek apakah motor tersebut bermasalah atau tidak. Bagi yang ingin tahu, berikut penjelasan lengkapnya.

Kerugian Membeli Motor Bodong / Bermasalah

Seperti yang kami katakan sebelumnya, ada cukup banyak masalah yang bisa muncul ketika membeli sepeda motor bodong atau sepeda motor yang bermasalah. Selain merugikan dari sisi finansial, kondisi motor juga tidak jelas.

Berikut ini adalah beberapa bahaya atau kerugian yang bisa dialami saat membeli motor bermasalah.

  • Kondisi motor tidak jelas dari fisik, performa, suku cadang dan juga kelengkapan asli STNK atau BPKB.
  • Sangat mungkin motor bekas yang dibeli adalah motor curian.
  • Potensi masuk penjara karena dianggap sebagai tengkulak oleh polisi.
  • Hukumannya adalah penjara minimal 4 tahun.
  • Ini tidak akan menjadi aset produktif ketika Anda menggunakannya sebagai sepeda motor koleksi.
  • Dan itu akan sangat merugikan dari sudut pandang keuangan karena sepeda motor yang bermasalah atau palsu sulit dipasarkan.

Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak

Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak

Ketika Anda memahami dan mengetahui masalah apa saja yang bisa muncul saat membeli motor yang bermasalah alias Bodong seperti di atas, setidaknya Anda bisa meminimalisir hal-hal yang telah kami sampaikan sebelumnya di atas. Anda juga harus tahu cara cek motor bermasalah atau tidak.

Baca juga: Rahasia 6 Cara Memilih Motor Matic yang Bagus Saat Membeli

Membicarakan hal ini, Anda dapat mengecek surat dokumen kendaraan melalui smartphone. dengan berbagai cara seperti dilakukan melalui USSD (Unstructured Supplementary Service Data) atau melalui aplikasi untuk memeriksa sepeda motor yang bermasalah. Untuk mengetahui apa saja detail dari proses pengecekan tersebut, kami jelaskan di bawah ini.

1. Cek sepeda motor bermasalah Via USSD Smartphone

Cara pertama bisa digunakan untuk mengecek status motor bermasalah atau tidak, yaitu dengan menggunakan layanan USSD/kombinasi kode dan nomor pada menu dial/call pada hp. Melalui layanan USSD ini, setidaknya Anda bisa mengetahui info tentang motor tersebut.

Namun pastikan untuk menyiapkan pulsa dan juga plat nomor sepeda motor yang akan Anda cek, berikut langkah-langkahnya.

  • Ambil hp atau smartphone lalu buka menu dial atau call dan ketik kode *368# dan call untuk menampilkan menu utama.
  • Jika Anda berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, cukup ketik angka 1 untuk informasi Polda Metro Jaya dan atau 2 untuk wilayah Polda Sumatera Utara.
pilih nomor 1
  • Balas menu tampilan yang keluar sesuai dengan nomor di depannya, untuk mengecek motor bermasalah atau tidak, pilih nomor 1 untuk Info Ranmor.
Balas Nomor 1
  • Masukkan nomor plat sepeda motor yang dimaksud tanpa spasi.
Balas dengan isikan Nomor Plat Nomor Polisi Kendaraan
  • Detail motor sesuai nomor juga akan keluar, mulai dari merek, jenis motor, warna, tahun dan masa berlaku STNK.

Baca juga: Simak Cara dan Syarat Perpanjang STNK Tahunan, Penting Agar tidak di Denda!

2. Cek motor yang bermasalah melalui aplikasi

Jika cara di atas bisa dilakukan pada semua jenis hp, berikut cara cek motor bermasalah atau tidak melalui aplikasi khusus pengguna Smartphone (android). Untuk mengetahui detailnya, berikut langkah-langkah detailnya.

  • Unduh, instal, dan buka aplikasi Sakpole (wilayah Jawa Tengah).
  • Setelah itu, silahkan pilih menu info pajak pada bagian menu di bawah ini.
pilih info pajak
  • Masukkan nomor kendaraan yang Anda maksud atau Anda akan membeli dan klik proses.
Masukan nomor polisi plat kendaraan
  • Detail status kendaraan mulai dari NIK terdaftar, jenis, merek, jenis, tahun perakitan serta warna dan status pajak akan terlihat seperti di bawah ini.
informasi detail tentang sepeda motor

3. Cek Motor Bermasalah Lewat SMS

Jika memilih menggunakan metode SMS, berikut adalah cara bisa kalian lakukan sesuai dengan wilayah masing-masing.

WilayahFormat SMS
Jaá´¡a TimurJATIM PLAT NOMOR, Contoh JATIM AG4578OAQ kirim ke 7070
Jaá´¡a TengahJATENG PLAT NOMOR, Contoh JATENG AD1150OAQ, kirim ke 9600
YogуakartaDIY PLAT NOMOR, Contoh DIY AB6683EC, Kirim ke 99600
JakartaINFO RANMOR PLAT NOMOR, Contoh INFO RANMOR B5527BXN, Kirim SMS ke 8893
Sumatra UtaraPAJAK PLAT NOMOR WARNA PLAT, Contoh PAJAK BA1122AFA HITAM, kirim ke 3699
NTTSAMSAT PLAT NOMOR 5 DIGIT TERAKHIR NOMOR MESIN, Contoh : SAMSAT DH3607AA 12345, kirim ke 3130

Begitulah proses pengecekan motor bermasalah atau tidak untuk Anda coba, dari hasil atau contoh di atas. Setidaknya ketika nomor SIM motor yang tertera menunjukkan data. Dapat dipastikan bahwa motor tersebut tidak bermasalah dan bukan merupakan hasil dari motor curian atau palsu.

Bahkan ketika Anda memeriksa menggunakan aplikasi, info NIK terdaftar dan status pajak hidup atau tidak terlihat. Seberapa mudah bukan cara yang Anda butuhkan untuk melakukannya?.

Cara Mudah Mengenali Motor Bodong

Selain mengetahui cara cek motor bermasalah atau tidak, seperti di atas, kami sampaikan, berikut beberapa tips mudah untuk mengidentifikasi motor palsu atau motor bermasalah untuk Anda pahami.

  • Periksa halaman 14 BPKB dan pastikan logo hologram Korlantas terlihat jelas saat diterangi oleh sinar ultraviolet.
  • Logo Korlantas juga akan terasa kasar saat disentuh karena timbul.
  • Pastikan juga warna tinta pada nomor seri BPKB adalah Hitam. Kalau merah, bisa jadi karena BPKB-nya dicetak ulang di kepolisian atau bisa juga BPKB palsu.
  • Jika STNK asli, maka pada sisi kanan lembaran STNK terdapat lubang tipis yang membentuk tulisan STNK.

Begitulah proses cara cek motor bermasalah atau tidak bisa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Pastikan ketika anda benar-benar ingin membeli motor bekas, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu status motor tersebut dengan menggunakan cara-cara di atas agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan juga produk yang dibeli.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar