Begini Cara Mudah Baca Arti Ukuran Ban Motor

Begini loh ternyata cara baca arti ukuran ban motor? Anda belum mengetahui hal ini? Mari kita simak bagaimana cara mengetahui ukuran ban motor!

Cara baca ukuran Ban Motor - Ban kini tidak hanya sekedar 'alas kaki' tapi juga mendukung penampilan sebuah sepeda motor. Jika ingin tampilan yang lebih gagah, maka Anda bisa mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih besar. Namun sebelum itu? apakah kalian semua mengerti bagaimana cara mengartikan kode ukuran ban motor pada bagian dinding samping ban?

Ketika Anda memutuskan untuk mengganti ban motor, tentu Anda harus mengetahui ukuran yang tepat. Jangan sampai ban yang sudah dibeli tidak nyaman dipakai karena terlalu kecil atau tapaknya terlalu lebar. Anda perlu paham bagaimana cara mengetahui ukuran ban motor Anda sendiri.

Cara Mudah Baca Arti Ukuran Ban Motor 90/80 17

Anda pasti sering mendapati angka atau kode 90/80-17 di bagian dinding ban motor seperti gambar di atas, benar bukan? Lantas, Apa arti ban 90 80 17? Seperti dalam ukuran metric, 80/90-17 memiliki arti lebar bannya 80 mm. Sedangkan untuk tinggi ban adalah 90 % x 80 mm yang jika dihitung menjadi 72 mm. Untuk angka 17 menandakan lingkar bannya adalah 17 inci.

Contoh lain misalnya, ban memiliki kode 80/90-14 M/C 41P. Artinya, angka 80 di depan menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter (mm), sedangkan angka 90 merupakan kode perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya, yang biasa disebut aspect ratio. Bila lebar ban 80 mm, berarti perbandingannya adalah 90% x 80 = 72 mm.

Angka terakhir dalam kode ban motor mengacu pada diameter pelek. Ban dengan ukuran 120/70-17 menggunakan pelek berdiameter 17 inci. Ukuran ini bervariasi, ada 17 inci, 18 inci, 14 inci, atau bahkan 10 inci tergantung pada jenis motornya. Untuk itu, jangan salah memilih ban untuk motor sport, ada 17 atau 18 inci, lho.

Berikut ini cara lengkap mengetahui ukuran ban motor yang baik dan benar menurut kode metrik, Yuk simak di bawah ini.

Cara Baca Ukuran Ban Motor dengan Kode Metrik

Cara Baca Ukuran Ban Motor dengan Kode Metrik

Tidak sulit jika Anda ingin mengetahui cara membaca ukuran ban motor yang memiliki kode metrik. Di mana Anda dapat menemukannya? Biasanya di sisi karet bulat motor matic, bebek, sport, dan lain-lain digunakan di jalan raya.

Fitur kode metrik memiliki kode per (/). Mari kita ambil contoh cara membaca ukuran ban motor dengan kode metrik menggunakan ban Honda Revo X standar. Bebek entry-level dari Honda Motor ini memiliki ban belakang Revo X ukuran 80/90 – 17 M/C 44P.

Apa arti ukuran ban sepeda motor dalam kode metrik? Jika Anda ingin tahu, Anda perlu membaca satu per satu setiap angka dan huruf yang tercantum.

  • 80 yang merupakan angka pertama menunjukkan lebar tapak ban (section width). Lebar tapak ini diukur dari sisi kiri ke kanan ban dengan satuan ukur millimeter. Jadi lebar tapak ban ini adalah 80 mm.
  • 90 sebagai angka kedua merepresentasikan aspect ratio. Ini adalah prosentase perbandingan antara section height (tinggi dari tapak ban ke bibir ban) dengan section width. Jadi secara sederhananya, section height ban ini adalah 90% dari 80 mm = 72 mm.
  • Angka berikutnya, 17, menunjukkan diameter dalam ban yang juga sekaligus menunjukkan ukuran diameter velg dalam satuan inchi. Artinya, Revo X menggunakan velg dengan diameter 17 inchi.
  • M/C merupakan kode singkatan dari Motorcycle. Artinya, ban ini memang diperuntukkan bagi sepeda motor.
  • 44 adalah kode Load Index yang berarti beban maksimal yang bisa ditanggung ban ini adalah 160kg. (Cara membaca ukuran ban motor untuk Load Index akan dijelaskan lebih lanjut di bawah)
  • P merupakan Speed Rating yang menunjukkan bahwa kecepatan maksimal ban ini adalah 150 km/jam. (Cara membaca ukuran ban motor untuk Speed Rating akan dijelaskan lebih lanjut di bawah).

Kemudian ada juga angka yang menunjukan tanggal pembuatan ban, ditunjukkan oleh empat angka. Untuk bagian yang satu ini cukup penting, karena kita bisa tahu apakah ban tersebut baru diproduksi atau stok lama di toko. 

Cara membaca tanggal produksi ban motor

Cara membaca tanggal produksi ban motor adalah bahwa dua angka di depan merupakan minggu dan dua angka berikutnya adalah tahun ban diproduksi.

Jadi misalnya jika melihat angka 1319, berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-13 tahun 2019. Artinya, ban tersebut masih tergolong baru jika dibandingkan dengan kata 0717 yang diproduksi pada minggu ke-7 tahun 2017.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ban Sepeda Motor Agar Lebih Awet

Cara Membaca Ukuran Ban Motor dengan Kode Imperial

Cara Membaca Ukuran Ban Motor dengan Kode Imperial

Cara membaca ukuran ban motor Ban motor trail biasanya menggunakan kode imperial. Cara membaca ukuran ban motor dengan kode imperial sedikit berbeda, karena menggunakan inci.

Selanjutnya adalah kode ban imperial. Cara membaca ukuran ban sepeda motor dengan kode imperial sedikit berbeda dengan kode metrik. Di sini unit yang banyak digunakan adalah inci.

Kemudian kode ban imperial yang biasa ada pada model offroad atau dual purpose. Contoh ban dengan kode imperial adalah motor trail, Yamaha WR155R. Ban depan memiliki kode 2,75-21 45P. Apa arti ukuran ban sepeda motor dalam kode kekaisaran?

  • 2.75 merupakan lebar tapak ban dalam satuan inchi. Artinya, ban ini memiliki section width sepanjang 2,75 inchi atau sekitar 63,5mm.
  • Ban imperial selalu memiliki aspect ratio 100%. Artinya, Section Width dan Section Height selalu sama. Dengan kata lain, Section Height ban ini juga 2,75 inchi.
  • 21 berarti diameter dalam ban yang juga mengindikasikan diameter velg dalam satuan inchi. Ban ini bisa terpasang di velg dengan diameter 21 inchi.
  • 45 adalah kode Load Index yang berarti beban maksimal yang bisa ditanggung ban ini adalah 165kg. (Pembahasan soal Load Index lebih lanjut dijelaskan di bawah)
  • P merupakan Speed Rating yang menunjukkan bahwa kecepatan maksimal ban ini adalah 150 km/jam. (Pembahasan soal Speed Rating lebih lanjut dijelaskan di bawah).

Baca juga: 8 Cara Menghitamkan Ban Motor Kusam Agar Terlihat Mengkilap Kembali

Ganti Ukuran Ban Motor

Pabrikan sebenarnya mengizinkan kita untuk mengganti ukuran ban. Namun, penggantian memiliki batas, yaitu naik atau turun satu tahap dari default standar. Tujuannya, agar kenyamanan tidak banyak berubah tetapi penampilan atau kontrol motor sedikit membaik.

Misalnya untuk sepeda motor dengan ukuran ban belakang 80/90 17 bisa diganti dengan yang lebih lebar, yaitu 90/80 17 atau turun sedikit 80/80 17 agar terlihat lebih ramping. Penggantian ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan anda, namun anda tidak boleh mengorbankan sisi keamanannya ya?

Nah itulah sedikit tips buat Anda pengendara motor yang belum mengetahui arti ukuran atau cara baca ukuran Ban Motor. Semoga bermanfaat!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar