10+ Kelebihan dan Kekurangan PCX 160 di Tahun 2022, Yakin Gak Mau Beli?

Inilah kelebihan dan kekurangan PCX 160 terbaru di tahun 2022. Tak kalah dari pesaingnya yakni Nmax, All New Honda PCX kembali memberikan kejutan

Kelebihan dan Kekurangan PCX 160 - Minat masyarakat Indonesia terhadap sepeda motor matic terus meningkat. Beberapa orang memilihnya karena praktis, memiliki bodi yang besar, banyak fitur hingga desain yang mewah. 

Salah satu produk yang menawarkan ini adalah All New Honda PCX 160. Hadir sebagai generasi terbaru, telah mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan model sebelumnya.

All New Honda PCX 160 dijual dalam dua tipe, CBS dengan tag Rp. 30,350 juta dan ABS seharga Rp 33,950 juta OTR Jakarta. 

Bagi Anda yang ingin membeli motor matic honda All New Honda PCX 160, Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan PCX 160. Berikut kami berikan ulasannya, dan semoga bisa menjadi acuan dan pertimbangan.

Kelebihan Honda PCX 160

Kelebihan dan Kekurangan PCX 160

Desain Kian Mewah

Desain Kian Mewah

Pastinya kelebihan dan kekurangan PCX 160 terletak pada desain dan bodi. Untuk menarik perhatian pecinta motor matic Tanah Air, pabrikan memberi penyegaran di bagian wajahnya. Transformasinya begitu menggoda. Kini mengaplikasikan desain baru yang mengusung konsep 'Personal Comfort Saloon'. Tampilannya merupakan kombinasi dari kemewahan dengan personalisasi. Identitas sebagai motor matic terlihat jelas saat pertama kali melihatnya.

Paling mencolok memang terlihat di bagian fasadnya. Sekarang lebih modern dan elegan. Tak lagi pakai garis mengkurva sebagai pemisah lampu. Semua dibuat menyatu, dari ujung lampu sein sampai headlight. Posisinya horizontal dan melebar, selaras dengan desain keseluruhan. Lampu utama kini dibuat lebih menyipit. 

Performa Mesin Meningkat

Performa Mesin Meningkat

Kelebihan honda PCX 160 selanjutnya yakni ada pada performa. Honda memberi banyak revisi untuk jantung mekanisnya. Dan ini patut kami apresiasi. All New Honda PCX 160 gendong mesin generasi terbaru dengan teknologi bernama Enhanced Smart Power plus (eSP+). 

Kapasitasnya meningkat, dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc. Di atas kertas, dirinya bisa melontarkan daya sebesar 16 Hp di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. 

Angka itu tentu saja mampu meninggalkan pesaing terberatnya, All New NMax 155. Yang punya tenaga 15,1 hp / 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm / 6.500 rpm.

Posisi Berkendara Rileks

Posisi Berkendara Rileks

Sejak pertama kali dirilis hingga saat ini, PCX series memang menawarkan posisi berkendara rileks. Ya, kami pun sudah mencobanya saat di lintasan Safety Riding and Training Center AHM, Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Pertama duduk di atasnya, ergonomi PCX generasi baru tak beda jauh versi sebelumnya. Tetap menyajikan posisi riding santai. Jarak setang pas, tidak terlalu jauh atau dekat. Jangkauannya berikan kenyamanan tersendiri. Kombinasi segitiga berkendara antara bokong, kaki dan tangan membuat pengendaranya rileks.

Stabilitas Seperti Motor Matic Ala Eropa

Stabilitas Seperti Motor Matic Ala Eropa

Saat mengendarainya, stabilitas yang ditawarkan patut diacungi jempol. Wajar jika ia dijual lebih mahal dibanding kompetitornya. Hal itu terasa karena PCX 160 pakai roda belang alias beda ukuran. Depan 14 inci dan belakang 13 inci. Macam motor matic yang beredar di Eropa. 

Bukan tanpa sebab, ukuran roda belakang lebih kecil diciptakan agar mendapat traksi lebih baik. Ditambah dengan tapak lebih lebar, sehingga motor lebih ajeg saat menyentuh aspal. Pengendalian motor juga tergolong asyik. Terbantu dengan hadirnya rangka double cradle model baru. 

Keamanan dan Kenyamanan Saat Berkendara

Keamanan dan Kenyamanan Saat Berkendara

Salah satu keunggulan yang paling terasa saat berkendara dengan menggunakan Honda PCX 160 adalah tingkat keamanan dan kenyamanan. Tak ingin kalah dengan pesaingnya, kini All New PCX 160 disematkan HSCT atau Honda Selectable Torque Control

Seperti kita tahu, fitur itu bisa mencegah roda selip akibat jalan licin atau kondisi saat hujan. Saat kami mencobanya di lintasan basah, fitur ini bekerja optimal. Saat belokan, putaran roda belakang dapat terjaga dan tetap mencengkram.

Menariknya, teknologi ini bisa dinonaktifkan. Tinggal setel di bagian panel instrumen. Pencet tombol mode hingga muncul tulisan HSCT, kemudian tekan select 3 detik untuk menyalakan-menonaktifkan. 

Hadirnya HSCT juga memungkinkan PCX 160 untuk tetap bisa keluar dari jebakan lumpur atau pasir jika roda selip, lantaran putaran roda tidak dilimitasi. Sungguh skutik revolusioner.

Banyak Fitur Modern

Banyak Fitur Modern

Selain sistem pencahayaan yang sudah full LED, PCX 160 juga dibekali dengan beragam fitur modern. Kini panel instrumen terlihat lebih fresh. Pakai model baru dengan ukuran yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Terdapat kombinasi negative display serta garis berkelir hijau di tiap sisi, serta dibungkus dengan list krom. Pengendara dijamin tak bakal bosan kala melihat bagian kokpit.

Isinya fundamental, ada speedometer, jam digital, petunjuk bahan bakar, odometer dan beberapa indikator penting. Buat tipe tertinggi ada tambahan indikator HSTC (Honda Selectable Torque Control) dan ABS (Anti-Lock Braking System). 

Kemudian ada sentuhan kecil di bagian kunci FOB (smart key system). Tak lagi kotak kaku, remotenya kini punya bentuk lebih melengkung supaya tambah nyaman digenggam. Tombolnya punya desain baru, diperbesar untuk memudahkan pengoperasian. Sekarang terbagi menjadi 2 bagian. Tombol atas difungsikan sebagai Answer Back dan Alarm anti-theft (anti maling) serta satu lagi buat on/off smart key.

Baca juga: Cara Menyalakan Motor PCX 160 Menggunakan Smart Key System

Kepraktisan Fitur

Kepraktisan Fitur

Improvement pada sasis ternyata memengaruhi peningkatan fungsionalitas PCX 160. Kapasitas ruang penyimpanan di bawah jok jadi lebih luas. Jika sebelumnya kapasitas bagasi 28 liter, berkat perubahan struktur kini menjadi 30 liter. 

Tentunya hal tersebut dapat menyimpan sebuah helm full face dan beberapa barang berdimensi kecil. Berkat ubahan rangka, volume tangki bahan bakar lebih besar. Kini, bisa menampung 8,1 liter bensin dan bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk turing makin jauh lagi.

Kekurangan Honda PCX 160

Kelebihan dan Kekurangan PCX 160 di Tahun 2022

Akselerasi Bawah Kurang Gereget

Akselerasi Bawah Kurang Gereget

Ada revisi di sektor dapur pacu PCX, sebagian orang berharap bisa berdampak pada akselerasi awal. Nyatanya tidak, meski secara catatan tenaganya meningkat. Ya, jantung mekanis generasi baru yang digendong mengusung karakter overbore. Mesin dengan tipe ini punya power besar ketika sudah berada di RPM menengah dan tinggi. Saat kami mencobanya, tarikan bawah terasa kurang gereget. Tapi kalau sudah di atas 4.000 RPM, motor matic ini mampu berikan performa dahsyat.

Meski begitu, pabrikan mengklaim kalau PCX 160 tetap irit bahan bakar. Ia mampu mengkonsumsi bahan bakar mencapai 45 Km/l. Pengetesan dilakukan melalui pengaktifan fitur ramah lingkungan Idling stop system (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3.

ABS belum dua channel

ABS belum dua channel

Kelemahan PCX 160 yang kedua seperti kita ketahui, fungsi ABS (Anti-lock Braking System) sangatlah penting untuk mencegah roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Dengan peranti ini, traksi ban terus terjaga, pengereman lebih maksimal dan jauh lebih aman.

Sayangnya Honda PCX 160 cuma menerapkan ABS satu channel di roda depan. Padahal rem belakang sudah cakram. Dan kompetitor terdekatnya sudah menerapkan dua channel. Tentu bagi sebagian pecinta motor matic ini ini bisa jadi kekurangan. Tapi, pihak Honda mengatakan ABS satu channel untuk PCX 160 sudah lebih dari cukup. Kemungkinan terpeleset karena roda depan terkunci bisa dihindari.

Belum Subtank Suspension

Belum Subtank Suspension

Lagi-lagi banyak yang berharap kalau Honda PCX 160 menggunakan subtank untuk suspensi belakang. Mereka berpikir bakal sama dengan yang dipakai ADV150, nyatanya tidak. Padahal secara estetika pun bisa lebih menarik. Kualitas bantingan juga bisa diandalkan.

Pabrikan hanya berikan revisi dari model sebelumnya. Kini lebih panjang 15 mm, kemudian axle stroke ditingkatkan jadi 10 mm. Ulir per atau spring juga dibuat lebih lebar. Efeknya mampu mereduksi guncangan lebih baik. Bantingan juga lebih nyaman ketika melewati berbagai medan jalan.

Komposisi Roda

Komposisi Roda

Sebetulnya komposisi roda belang alias beda diameter depan-belakang di motor matic ini mampu meningkatkan kenyamanan berkendara. Tapi ternyata ada pula kekurangannya, yaitu berkaitan dengan harga si kulit bundar. Tentu lebih mahal dibanding dengan ukuran roda sama.

Bagi konsumen yang doyan ganti ban lebih gambot, tentu memerlukan bujet lebih besar. Untuk diketahui, jika sebelumnya ban PCX 150 berukuran 100/80-14 dan 120/70-14, pada PCX 160 ukurannya menjadi 110/70-14 dan 130/70-13.

Harga Lebih Mahal

Harga Lebih Mahal

Soal banderol bisa saja jadi pertimbangan utama calon konsumen. Lantaran pesaingnya dijual lebih murah dan memiliki fitur konektivitas. Selisihnya memang tidak banyak, tapi lebih unggul karena performa secara angka lebih besar, bagasinya luas dan tangki BBM terbesar di kelasnya. Honda menjajakan PCX 160 dengan dua tipe. Varian CBS dijual Rp 30,350 juta dan Rp 33,95 juta khusus versi ABS. 

Nah itulah tadi mengenai sepuluh kelebihan dan kekurangan PCX 160 terbaru di tahun 2022. Semoga dapat menjadi refrensi sebelum anda membeli motor All New Honda PCX 160.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar