10 Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125 Terbaru 2022

Sebelum membeli motor honda vario 125 Terbaru di tahun 2022. Anda harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangan vario 125. Serta keunggulan kelemahan

Sebelum membeli motor matic honda vario anda harus mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan Vario 125, Honda hanya punya satu jagoan saja. Di antara banyak pilihan di pasar, salah satu pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia ini hanya memiliki Honda Vario 125.

Motor matic 125 cc ini memiliki tampilan yang menarik dengan desain yang modern dan cukup agresif. Desainnya juga sangat mirip dengan Honda Vario 150.

Honda Vario 125 meluncur pertama kali di Indonesia pada tahun 2013. Sebelum hadirnya versi 125 cc, Honda Vario awalnya andalkan mesin 110 cc dengan basis mesin berbeda dari Honda BeAT karena pakai pendingin cairan.

PT Astra Honda Motor sempat meniagakan Honda Vario 110 cc dengan mesin yang sama seperti Honda BeAT. Hanya saja penjualannya kurang menggembirakan, karena image Honda Vario adalah mesin dengan pendingin cairan.

Dan karena saat ini hanya ada satu pilihan motor Honda di kelas 125 cc, maka Honda Vario 125 banyak diminati konsumen. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Honda Vario 125 pernah terjual 50.000 unit setiap bulannya.

Dibandingkan model Honda Vario 125 lama, motor matic ini masih mengandalkan mesin yang sama. Hanya saja pada model Honda Vario 125 terbaru ini mendapatkan desain lebih fresh, serta panel meter digital dengan tampilan baru.

Daftar Isi

Spesifikasi Honda Vario 125

Berikut tabel spesifikasi singkat tentang motor honda vario 125 Terbaru 2022 :

Spesifikasi Honda Vario 125 2021
Dimensi
P x L x T 1.919 x 679 x 1.062 mm
Sumbu Roda 1.280 mm
Tinggi Jok 769 mm
Jarak Terendah 132 mm
Kapasitas Tangki 5,5 liter
Berat Basah 111 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 125 cc
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Tenaga Maksimal 11,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 10,8 Nm @ 5.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14

Kelebihan dan Kekurangan Motor Honda Vario 125 

Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Honda Vario 125, mulai dari desain, performa, hingga fiturnya. Dan pastinya hal tersebut akan sangat menarik bagi Anda. Namun ada pula kekurangan dari motor matic ini, berikut kami paparkan review Honda Vario 125 selengkapnya.

Kelebihan Vario 125

1. Desain Mewah

Desain Honda Vario 125 yang Mewah

Dari sejak generasi pertama, Honda Vario 125 memiliki desain yang menarik. Tampilannya terbilang mewah untuk motor matic 125 cc. Sebelum ada PCX 150, bodinya bisa dikatakan bongsor dibandingkan motor matic lainnya.

Garis bodinya juga tajam dengan desain lampu yang menyipit. Sehingga membuat tampilannya tak hanya mewah, tapi juga terlihat sporty dan agresif.

Desain lampunya juga cukup khas dengan model dual keen eyes headlight. Tampilannya semakin mewah dengan penambahan Daytime Running Light (DRL) di atas lampu utamanya.

Baca juga: 10+ Kelebihan dan Kekurangan Scoopy Di Tahun 2022

2. Kapasitas Bagasi yang Luas

Kapasitas Bagasi yang Luas

Salah satu fitur yang banyak dicari konsumen dalam memilih motor adalah kapasitas bagasi. Pada Honda Vario 125, kapasitas bagasi yang ditawarkan cukup luas, yakni mencapai 18 liter.

Dengan kapasitas bagasi yang luas ini, pengendara bisa membawa cukup banyak barang. Bagasi Honda Vario 125 juga diklaim dapat menampung satu unit helm model full face atau half face.

3. Performa Mesin Mantap

Performa Mesin Mantap

Honda Vario 125 dibekali dengan mesin 4 langkah, SOHC, eSP, berpendingin cairan. Diameter pistonnya 52,4 mm dan langkahnya 57,9 mm, menghasilkan tenaga maksimum mencapai 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Dengan bobot motor yang tergolong ringan, hanya 111 kg saja, maka power to weight ratio yang dimilikinya cukup baik. Untuk berakselerasi, motor matic ini tergolong cepat.

4. Konsumsi Bahan Bakar yang Irit

Konsumsi Bahan Bakar yang Irit

Honda Vario 125 memiliki fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, mesin motor akan mati secara otomatis jika didiamkan selama tiga detik.

Sehingga, tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia ketika motor dalam keadaan diam atau idle. Mesin motor akan kembali hidup saat tuas gas diputar.

Dengan fitur ISS, konsumsi bahan bakar Honda Vario 125 juga bisa lebih irit. Honda mengklaim motor maticnya ini bisa menghemat sampai 51,7 kilometer per liter.

5. Fitur yang Berlimpah

Fitur yang ada pada honda vario 125 Berlimpah

Soal fitur, Honda tidak pelit pada motor matic injeksi ini. Honda Vario 125 dilengkapi dengan panel meter full digital, sistem pencahayaan LED (lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein), idling stop system, anti theft alarm, answer back system, bagasi yang luas, ban depan dan ban belakang tipe tubeless, dan lainnya.

Kekurangan Vario 125

1. Belum Dilengkapi Teknologi Keyless

Belum Dilengkapi Teknologi Keyless

Lampu belakang dan kunci kontak pengaman magnet di Honda Vario 125 2021.

Fitur Honda Vario 125 memang melimpah, tapi tidak terlalu lengkap. Salah satu fitur yang absen adalah teknologi keyless atau smart key system. Honda Vario 125 masih mengandalkan secure key shutter atau kunci kontak berpelindung magnetis. Tapi, tetap dibekali anti theft alarm.

2. Tidak Ada Power Outlet

Tidak Ada Power Outlet

Di zaman serba digital ini, penggunaan smartphone sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penting juga untuk memiliki fitur power outlet di motor. Jadi, pengendaranya tidak perlu khawatir akan kehabisan daya dari baterai ponselnya. Sayangnya Honda Vario 125 belum memiliki fitur tersebut.

3. Dek Tengah Sempit

Meski dimensi Honda Vario 125 sudah proporsional, untuk sebagian pengendara yang memiliki postur tubuh cukup tinggi, dek tengah Honda Vario 125 dirasa cukup sempit. Tak sedikit pengendara yang jarak lututnya terlalu dekat dengan setang saat berbelok atau bahkan sampai mentok.

Di bagian ruang kakinya juga tidak begitu luas. Jika ditambah barang bawaan seperti tas, tentu akan mengganggu pergerakan kaki menjadi kurang leluasa.

4. Harga Terlalu Tinggi

Honda Vario 125 memiliki banderol yang cukup tinggi dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Dengan harga Rp 21 jutaan, kompetitornya menawarkan motor matic 125 cc dengan fitur keamanan yang lebih baik, yakni smart key system atau teknologi keyless.

5. Tidak Ada Pilihan Rem ABS

Pada motor matic lain yang menjadi kompetitornya, terdapat pilihan tipe yang menggunakan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Sementara pada Honda Vario 125, hanya mengandalkan sistem pengereman Combi Brake System (CBS) saja.

Honda Vario 125 memang memiliki desain yang sporty, agresif, dan mewah. Fitur yang dibekali juga cukup banyak, meskipun tidak bisa dikatakan lengkap. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga bisa dibilang irit. Tapi, banderol yang diberikan cukup tinggi jika dibandingkan dengan motor matic lain sekelasnya.

Meski begitu, berbekal merek Honda dan jaringan purna jual yang sudah tersebar, Honda Vario 125 2021 tetap menjadi pilihan banyak orang. Baik pekerja kantoran, mahasiswa, remaja hingga ibu-ibu yang mengantar anak ke sekolah.

Itulah daftar 10 keunggulan dan kelemahan serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh motor honda vario 125 di tahun 2022. Yakin masih tertarik?

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar