7 Cara Menyalakan Motor PCX 160 Menggunakan Smart Key System 2022

Mau menghidupkan motor Honda PCX tapi kurang tahu bagaimana caranya? Simak Cara Menyalakan Motor PCX 160 Menggunakan Smart Key System di Modifpedia

MotorPCX 160 merupakan motor matik keluaran terbaru dari Honda yang memiliki ukuran cukup besar. Motor ini telah menggunakan sistem teknologi yang canggih dan terbaru.

Salah satu teknologi canggih yang dimiliki motor PCX 160 ini adalah telah menggunakan sistem keyless atau disebut dengan smart key system. Kecanggihan ini membuat motor lebih mudah untuk menghidupkan dan mematikan starter mesin.

Tidak semua motor dilengkapi dengan sistem tersebut. Penggunaan smart key system ini memang sangat memudahkan, namun beberapa orang belum mengetahui cara penggunaannya. Khususnya cara menyalakan motor Honda PCX 160 yang menggunakan sistem ini.

Ada 3 fitur yang terdapat pada smart key ini, yang pertama adalah Immobilizer, Answer Back System, dan Keyless. Nah, bagi Anda yang kesulitan untuk menghidupkan motor PCX 160 dengan menggunakan smart key system, berikut ini tipsnya.

Cara Menyalakan Motor PCX 160

Cara Menyalakan Motor PCX 160 Menggunakan Smart Key System

Ada beberapa tahapan bagaimana cara menyalakan motor PCX 160 menggunakan smart key system, di antaranya :

  • Ambil remote Smart Key System dan kemudian dekatkan pada kunci yang terletak di dekat Dashboard motor PCX 160.
  • Setelah itu tekan tombol Smart Key pada remote tersebut untuk mengaktifkannya.
  • Jika sudah aktif, otomatis pada bagian kunci akan berwarna biru yang melingkari knob serta dibarengi dengan bunyi.
  • Kemudian cara menyalakan motor PCX 160, buka kunci stang terlebih dahulu dengan memutar knob sekali saja ke arah kanan.
  • Langkah selanjutnya hidupkan sistem ignition. Aktifkan sistem ini dengan memutar knob tadi ke arah yang sama, yakni kanan.
  • Jika berhasil, maka mesin motor akan hidup. Tanda yang dapat dilihat jika mesin hidup adalah panel speedometer akan mengeluarkan cahaya atau menyala ketika mesin dihidupkan.
  • Terakhir, kalian dapat menekan tombol starter pada motor agar motor dapat menyala sempurna dan siap untuk dikendarai.

Fungsi Smart Key System

Setelah anda sudah mengetahui cara menyalakan motor PCX 160 menggunakan smart key system, anda juga perlu mengetahui mengenai fungsi utama dari tombol tersebut. Dilansir dari coilOTO, meski teknologi ini belum sepenuhnya diterapkan pada semua sepeda motor, namun sistem ini membawa babak baru bagi industri roda dua.

Kebiasaan menggunakan motor kini berubah. Anda tidak perlu lagi memasukkan kunci ke dalam lubang dan menyalakannya untuk menyalakannya. Kemudian Anda akan memutarnya lagi dan mencabutnya, ketika Anda selesai menggunakan motor. Sekarang, kuncinya hanya ditempatkan di saku celana atau di dalam tas.

Selain menawarkan kepraktisan dan unsur kecanggihan, fungsi lainnya adalah untuk memberikan keamanan, terutama dari pencurian. Manfaat lainnya, tidak ada lagi kasus kunci yang rusak atau terlepas dari lubang saat sepeda motor dikendarai.

Meskipun dalam aplikasi tersebut, pemilik kendaraan perlu mewaspadai baterai remote smart key. Karena ketika baterai habis, kunci tidak dapat dioperasikan untuk menghidupkan motor.

Nah, untuk mengakali hal tersebut, bagi Anda yang memiliki motor dengan kunci keyless, sebaiknya matikan remote tersebut saat motor tidak digunakan. Ketika remote aktif dan disimpan dalam jarak tertentu, sinyal remote akan terus terhubung ke receiver (smart control unit), hal ini juga dapat menyebabkan baterai habis.

Jadi, gunakan teknologi ini sebaik mungkin agar dapat merasakan manfaat yang optimal.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar