7 Cara Menghitamkan Dashboard Motor Kusam dan Pudar, Bisa Di Rumah!

Bodi bersih, tapi kok warna dashboard motor kusam dan pudar? Simak begini mudanya Cara menghitamkan dashboard motor yang memudar. Bisa dirumah juga!

Cara menghitamkan dashboard motorPerawatan motor memang perlu dilakukan secara berkala, agar kondisi motor selalu prima saat digunakan untuk berkendara. Tak hanya merawat bagian mesin saja, tampilan eksterior motor pun juga perlu dirawat agar tetap terlihat paripurna selalu saat melaju di jalanan.

Salah satu bagian yang juga perlu dirawat tampilannya adalah bagian dashboard motor. Untuk motor yang frekuensi penggunaannya cukup sering, tampilan dashboard motornya biasanya tak secermelang dahulu saat motor masih baru.

Sebenarnya dashboard yang warnanya pudar ini bisa diperbaiki kembali, berikut ini ada tips cara menghitamkan dashboard motor menggunakan komponen atau bahan-bahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna dashboard motor yang sudah pudar.

Cara Menghitamkan Dashboard Body Motor yang Kusam dan Pudar

Cara Menghitamkan Dashboard Motor Kusam dan Pudar

1. Dengan menggunakan semir sepatu

Dengan menggunakan semir sepatu

Tak perlu repot membuat sendiri penghitam body motor, ternyata semir sepatu juga bisa digunakan untuk menghitamkan kembali dashboard motor yang sudah kusam, lho. Item ini bisa jadi penyelamat darurat jika sewaktu-waktu anda membutuhkan penghitam dashboard untuk motormu. Cara pengaplikasiannya pun serupa dengan pengaplikasian pada sepatu, namun pastikan permukaan dashboard dibersihkan terlebih dahulu agar warna pada dashboard bisa keluar lebih optimal.

2. Menggunakan minyak goreng, kayu putih, atau baby oil

Menggunakan minyak goreng, kayu putih, atau baby oil

Bisa saja cara menghitamkan dashboard motor permanen dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak minyak goreng, kayu putih, atau baby oil secara rutin. Cara ini bisa dilakukan untuk keperluan darurat saat anda membutuhkan komponen yang ada di rumah untuk mengembalikan warna dashboard pada motor yang sudah pudar. Minyak kayu putih dan baby oil bersifat greasy yang dapat menghasilkan tampilan mengkilap, sehingga permukaan dashboard yang pudar bisa diperbaiki menggunakan bahan-bahan ini.

Caranya sederhana, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih atau baby oil pada dashboard motor yang pudar. Lalu selanjutnya, lap menggunakan kain yang bersih dan halus hingga permukaan dashboard menjadi cemerlang seperti yang anda inginkan.

3. Menggunakan cairan kit penghitam bodi motor

Menggunakan cairan kit penghitam bodi motor

Untuk bagian dashboard motor yang sudah kurang cemerlang warna hitamnya, anda bisa mengaplikasikan cairan kit untuk menghitamkan body motor pada bagian dashboard ini. Penggunaan cairan ini cukup sederhana, anda hanya perlu mengoleskan cairan penghitamnya ke bagian dashboard motor menggunakan kain halus.

Pemakaian kain halus berguna agar tak muncul goresan pada dashboard jika menggunakan kain yang kasar. Adapun di pasaran juga tersedia cairan penghitam bodi motor dalam kemasan botol spray sehinga pengaplikasiannya jadi jauh lebih praktis.

Baca juga: Tips Cara Merawat Ban Sepeda Motor Agar Lebih Awet

4. Memakai cairan trim restorer

Memakai cairan trim restorer

Trim restorer merupakan cairan pigmen berwarna kehitaman yang biasa digunakan untuk memberikan warna hitam pada plastik.Cairan ini bersifat permanen yang menempel pada plastik dan berwarna pekat, sehingga cocok untuk mewarnai dashboard motor yang warnanya kurang cemerlang.

Untuk pengaplikasiannya sendiri cukup mudah, yakni pastikan terlebih dahulu permukaan dashboard motor bersih dan selanjutnya oleskan cairan trim restorer pada bagian dashboard motor secara perlahan.

5. Mengoleskan cairan trim dressing

Mengoleskan cairan trim dressing

Salah satu cairan untuk menghitamkan body motor yakni trim dressing. Pemberian cairan trim dressing ini sebetulnya tidak difokuskan untuk mewarnai bagian bodi motor berwarna hitam yang sudah redup, melainkan melindungi bodi motor yang sudah diolesi pewarna hitam agar warnanya terlindungi dari berbagai faktor penyebab warna bodi menjadi tak mengkilap.

Air hujan, debu, dan sinar UV bisa menjadi penyebab bodi motor, terutama dashboard, warnanya menjadi kurang mengkilap. Sehingga pemberian olesan cairan trim dressing setelah pengaplikasian trim restorer ataupun cairan penghitam lainnya dapat melindungi warna pada dashboard motor agar lebih tahan lama.

6. Mengoleskan beeswax pada bagian dashboard

Mengoleskan beeswax pada bagian dashboard

Beeswax merupakan hasil dari sarang lebah berupa lilin atau malam. Dashboard yang warna hitamnya memudar biasanya membutuhkan bahan yang dapat mengkilapkan agar tampilannya tampak seperti baru kembali. Nah, beeswax ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengkilapkan kembali dashboard motor agar warna hitamnya kembali cemerlang, lho.

Penggunaannya dimulai dari membersihkan permukaan dashboard hingga bersih terlebih dahulu, selanjutnya oleskan beeswax menggunakan kain halus secara merata. Beeswax yang digosok nantinya akan meleleh dan membuat warna dashboard motor jadi hitam cemerlang kembali.

Baca juga: Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti Paling Mudah

7. Mengoleskan compound/kompon

Mengoleskan compound/kompon

Compound atau kompon biasa digunakan untuk menyamarkan baret halus pada bagian kendaraan bermotor, seperti motor dan mobil. Tersedia dalam bentuk gel hingga pasta, kompon juga ternyata bisa mengembalikan warna kehitaman pada dashboard yang sudah pudar. Cara menggunakannya cukup mengoleskan kompon pada dashboard motor, lalu digosok secara perlahan menggunakan kain yang lembut. Lakukan cara tersebut beberapa kali hingga didapatkan hasil yang diinginkan.

Tips cara menghitamkan dashboard body motor dengan bahan alami

Tips cara menghitamkan dashboard body motor dengan bahan alami

Setelah paham serta tahu bagaimana cara menghitamkan body motor dengan menggunakan beberapa bahan di atas. Ada beberapa orang bertanya bagaimana sih cara menghitamkan body motor memakai cara alami? Apakah memang ada caranya? Tentu saja ada, dan berikut adalah beberapa cara alami tersebut.

Pertama pastikan selalu hindari sinar matahari langsung terlalu sering mengenai body motor karena sinar UV matahari dapat membuat cat body motor mudah memudar.

  • Kemudian sering-seringlah menyiram motor jika terkena air hujan.
  • Rutin mencuci motor ketika memang sudah dirasa kotor.
  • Sebisa mungkin setelah mencuci motor ditempatkan di tempat yang teduh, jangan sampai terkena matahari. Serta terapkan salah satu metode di atas agar body motor tetap hitam alami.
  • Serta pastikan selalu mengeringkan motor ketika sudah dicuci bersih.
  • Sebisa mungkin parkir di tempat yang aman serta teduh.

Itulah 7 cara menghitamkan dashboard motor yang dapat anda lakukan menggunakan berbagai komponen atau bahan, mulai dari cairan penghitam khusus hingga minyak kayu putih yang tersedia di rumah.  

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar