10 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik yang Bagus 2022

Bingung menentukan aki motor mana yang bagus dipasang di motor? Simak artikel 10 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik yang Bagus 2022 di Modifpedia.com

10 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik yang Bagus 2022 - Aki motor merupakan sparepart yang penting pada sepeda motor. Pasalnya, aki motor memiliki fungsi vital, terutama yang berkaitan dengan kelistrikan motor. Karena itulah, pemilik sepeda motor harus memilih aki yang tepat. Anda bisa memilih berdasarkan harga aki motor dan jenis aki motor kering atau basah.

Memilih merek aki motor yang bagus juga penting. Ada banyak merek aki motor di pasaran, seperti GS Astra, Federal Parts, Motobatt, dan banyak lagi. Kami membahas cara memilih sekaligus rekomendasi produk aki motor terbaik.

Daftar Isi

Cara memilih aki motor

10 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik yang Bagus 2022

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan dalam memilih aki motor. Harapannya, aki motor pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak penjelasannya berikut.

Kenali jenis aki motor

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis-jenis aki motor. Pasalnya, jenis aki motor ternyata beragam. Berikut ini adalah penjelasan terkait jenis-jenis aki motor yang sebaiknya jangan Anda lewatkan.

Aki kering, aman dengan tingkat penguapan yang sangat kecil

Aki kering, aman dengan tingkat penguapan yang sangat kecil

Jenis aki ini sudah menjadi standarnya sepeda motor keluaran terbaru jaman sekarang. Dengan menggunakan aki jenis ini, aki bisa ditempatkan di bagian motor mana saja. Penyimpanannya tidak harus di bagian samping saja seperti motor jaman dahulu. Hal ini disebabkan oleh aki jenis ini yang tidak memiliki uap elektrolit.

Aki kering dikenal juga dengan aki maintenance free (MF). Jenis ini dapat dikatakan cukup aman. Hal ini karena terdapat segel khusus yang kuat sehingga dapat menahan proses penguapan larutan elektrolit yang ada di dalam aki.

Adanya segel tersebut juga menjadikan Anda tidak perlu repot mengurusi aki. Anda tidak perlu lagi mengecek kondisi aki secara berkala. Namun, setelah aki kering mati, sayangnya Anda tidak bisa menggunakannya lagi.

Aki basah, dapat diisi ulang dan paling banyak digunakan pada motor

Aki basah, dapat diisi ulang dan paling banyak digunakan pada motor

Aki basah menjadi jenis aki motor yang paling banyak digunakan. Tidak bisa dipungkiri jenis aki ini memang menjadi standar aki untuk sepeda motor. Selain itu, jenis aki ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau daripada yang lainnya.

Keuntungan dari aki jenis ini adalah dapat digunakan secara berulang-ulang. Jika cairan aki sudah mulai habis, Anda bisa melakukan isi ulang. Cairan aki yang dimaksud merupakan cairan elektrolit yang berupa asam sulfat. Kekurangannya, Anda harus rajin memeriksa kapasitas air elektrolit. Hal tersebut bisa saja terbilang merepotkan untuk sebagian orang.

Aki kalsium, lebih bagus dari aki basah serta baik dalam menyimpan arus listrik

Aki kalsium, lebih bagus dari aki basah serta baik dalam menyimpan arus listrik

Jenis aki yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aki basah. Namun, aki kalsium lebih baik dari aki basah dari segi kemampuan dan kualitasnya. Meski demikian, aki kalsium tidak sepopuler aki basah. Padahal, harganya juga cukup terjangkau. Aki kalsium hanya dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan arus listrik motor.

Aki kalsium bisa dikatakan sebagai penyempurnaan dari aki basah dalam hal penyimpanan arus listrik. Meskipun motor tidak dinyalakan dalam waktu cukup lama, arus listrik pada aki tetap stabil tanpa ada pengurangan yang besar.

Aki hybrid, gabungan aki basah dan aki kalsium dengan masa pakai lebih lama

Aki hybrid, gabungan aki basah dan aki kalsium dengan masa pakai lebih lama

Sesuai dengan namanya, aki hybrid merupakan perpaduan dari dua jenis aki, yaitu aki basah dan aki kalsium. Kelebihan dari jenis aki ini adalah memiliki masa pakai yang lebih lama, terutama dibandingkan aki basah.

Kelebihan lainnya adalah tingkat penguapan larutan elektrolitnya juga kecil. Namun sayangnya, aki hybrid tidak mudah ditemukan di bengkel-bengkel di Indonesia. Alasannya karena jenis aki ini dianggap tidak banyak peminatnya.

Aki jenis ini memang jarang ada untuk motor. Pada umumnya, aki hybrid dijual untuk mobil. Pada industri mobil sendiri, sebagian produsen sudah menggunakan jenis aki hybrid untuk standar aki mobilnya.

Aki gel, tidak mudah bocor serta meminimalkan korosi

Aki gel, tidak mudah bocor serta meminimalkan korosi

Aki gel adalah aki jenis baru. Berbeda dengan jenis aki lainnya, jenis aki ini tidak lagi menggunakan elektrolit berupa cairan, tetapi menggunakan elektrolit berupa gel. Alhasil, aki ini tidak mudah bocor sehingga meminimalkan korosi dan kerusakan body motor.

Keunggulan lain yang dimiliki aki jenis ini adalah masa pemakaiannya yang lebih lama. Bahkan, masa pemakaiannya dua kali lipat lebih lama dibandingkan jenis aki lainnya. Dengan kualitas yang lebih baik, harga aki gel juga dijual lebih mahal dari jenis aki lainnya.

Aki gel banyak digunakan pada motor-motor modifikasi dan balap. Harga aki gel paling mahal di antara jenis aki lainnya. Tentunya kualitas aki jenis ini berbanding lurus dengan harganya.

Cek kualitas aki motor

Cek kualitas aki motor

Yang terpenting dalam memilih aki motor adalah mengecek kualitasnya. Untuk pengecekan yang akurat, Anda harus menggunakan alat khusus yang disebut battery tester. Dengan alat ini, Anda bisa tahu kondisi aki baik tegangan maupun arus yang dihasilkan. Namun, jika untuk sekadar mengetahui tegangan saja, Anda bisa menggunakan multimeter biasa.

Kualitas aki motor dapat Anda ketahui dari cold cranking amperes (CCA) dan ampere hour (Ah). Aki motor yang memiliki CCA tinggi umumnya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan daya awal yang besar. Daya tersebut berguna untuk menyalakan mesin kendaraan.

Sementara itu, Ah pada aki motor menunjukkan kapasitas penyimpanan energi listrik. Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis motor. Misalnya, jika motor Anda berupa motor bebek, Anda bisa memilih aki dengan kapasitas 5 Ah. Kapasitas tersebut biasa digunakan untuk motor bebek. Namun, jika motor Anda berupa motor sport, Anda bisa menggunakan aki dengan kapasitas mencapai 10 Ah.

Sesuaikan dengan spesifikasi motor

Sesuaikan dengan spesifikasi motor

Setiap jenis motor tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda, termasuk urusan aki motor. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan aki motor dengan spesifikasi kendaraan Anda. Sebagai contoh, spesifikasi aki motor untuk jenis motor bebek dan sport tentu berbeda.

Motor bebek pada umumnya menggunakan aki motor berspesifikasi 12 V/5 Ah. Artinya, komponen listrik pada motor bebek membutuhkan daya listrik sebesar 60 watt. Di sisi lain, motor sport menggunakan aki motor 12 V/10 Ah. Artinya, motor sport membutuhkan daya listrik sebesar 120 watt.

Penggunaan aki sebaiknya disesuaikan dengan spesifikasi motor. Jika aki yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi standar motornya, akibatnya bisa merusak beberapa komponen listrik di dalamnya. Kerusakan yang terjadi bisa pada komponen CDI, sepul pengisian, rectifier regulator (kiprok), bahkan bisa akinya bisa cepat rusak.

Perhatikan kapasitas aki

Perhatikan kapasitas aki

Setiap jenis aki umumnya memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Kapasitas tersebut berhubungan dengan ukuran, dimensi, ampere, dan tegangan pada aki motor. 

Anda sebaiknya memilih aki motor dengan tegangan kecil karena lebih awet. Namun, untuk mendapatkan aki yang sesuai, Anda bisa mendiskusikannya dengan pihak toko atau bengkel.

Baca juga: 10 Oli Terbaik Untuk Motor Matic yang Bikin Tarikan Enteng

10 Daftar Merk aki motor Terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk aki motor yang bagus yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10. Zeus Battery

Super Power

GTZ5S

Zeus Battery

Mulai dari Rp 234.000,00

Dibuat sesuai standar aki Indonesia dan Jepang sekaligus

Produk aki ini cocok digunakan untuk motor dengan dimensi aki 11,3 cm x 6,3 cm x 8,4 cm. Aki kering yang satu ini sudah berstandar SNI sekaligus JIS (Japan Industrial Standard). Dengan demikian, Anda yang masih ragu bisa memilih aki ini karena sudah terjamin memenuhi standar dari dua negara sekaligus. Selain itu, karena termasuk aki kering, perawatannya pun mudah dengan masa pakai lebih lama.

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

5 Ah

Tegangan

12 V

9. Astra Otoparts

Aki Quantum Federal

GTZ5S

Astra Otoparts

Mulai dari Rp 192.000,00

Menyimpan setrum lebih lama dan tidak mudah soak

Aki Quantum Federal GTZ5S dilengkapi dengan accu zuur yang siap pakai. Selain itu, aki merek Federal Parts ini juga bebas perawatan. Artinya, Anda tidak perlu mengecek setiap waktu sehingga bisa menghemat waktu dan biaya perawatan.

Aki ini juga awet dan tahan lama serta dapat menyimpan setrum lebih lama. Yang terpenting adalah aki ini diklaim tidak cepat soak. Karena itulah, produk ini pas untuk Anda yang tidak mau ribet. Tenang saja karena aki ini juga bisa untuk berbagai jenis motor.

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

3,5 Ah

Tegangan

12 V

8. SMO

Maintenance Free Battery

GTZ-5S

SMO

Mulai dari Rp 90.000,00

Produk fresh activated yang bisa dijadikan cadangan

Produk aki motor ini bisa disebut sebagai produk fresh activated. Pasalnya, aki motor ini baru akan menyala setelah Anda mengisi cairan elektrolit ke dalam aki. Dengan kata lain, kondisi aki dan masa pakainya masih terjamin bagus. SMO Maintenance Free Battery GTZ-5S juga pas untuk Anda yang ingin menyimpan cadangan aki.

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

5 Ah

Tegangan

12 V

7. Dry Plus+

Aki Sepeda Motor

GM5Z-3B

Dry Plus+

Mulai dari Rp 93.500,00

Kapasitas aki lebih besar daripada produk lainnya

Produk aki ini sudah berisi gel elektrolit sehingga sudah siap pasang dan pakai. Anda yang memiliki sepeda motor Honda, Yamaha, dan Suzuki dengan merek tertentu bisa menggunakan produk aki motor ini.

Dry Plus+ GM5Z-3B juga memiliki kapasitas yang lebih besar daripada produk lainnya sebesar 7Ah. Artinya, dengan kapasitas yang lebih besar, aki akan menjadi lebih awet. Tidak hanya itu, kelistrikan pada motor juga akan lebih baik. Namun, jangan asal menggunakan aki berkapasitas besar. Kapasitas aki yang digunakan sebaiknya sesuai dengan spesifikasi motor, ya.

Jenis aki

Aki gel

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

7 Ah

Tegangan

12 V

6. Yuasa Battery

Aki Motor

YTZ4-V MF

Yuasa Battery

Mulai dari Rp 224.000,00

Rasakan sensasi mengisi aki sebelum menggunakannya

Produk ini merupakan aki kering. Namun, sebelum menggunakannya, Anda perlu mengisikan cairan elektrolit ke dalam aki. Setelah diisi, Anda diharuskan menunggu kira-kira 30 menit agar aki dapat bekerja dengan maksimal.

Meski awalnya terkesan ribet, Anda tidak perlu mengisinya secara berulang kali karena body aki tertutup dengan rapat oleh seal. Dengan demikian, Anda bisa memilih produk ini jika ingin merasakan pengalaman mengisi cairan aki.

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

3 Ah

Tegangan

12 V

5. OTOBAT

VRLA MF Motorcycle Battery

YTX-4L

OTOBAT

Mulai dari Rp 96.000,00

Tahan terhadap guncangan dan perubahan cuaca

Aki motor buatan Jepang ini sudah terisi gel elektrolit dan bisa langsung dipakai. Produk aki ini cocok untuk beberapa merek motor keluaran Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Selain itu, produk aki ini juga tahan guncangan dan cuaca. Dengan begitu, produk ini cocok untuk Anda yang sering melewati jalan tidak rata.

Jenis aki

Aki gel

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

4 Ah

Tegangan

12 V

4. Motobatt

Gel

MTZ6S

Motobatt

Mulai dari Rp 230.000,00

Mudah dipasang karena mempunyai desain praktis

Aki motor keluaran Motobatt sering menjadi pilihan dalam event besar, seperti MotoGP. Kemungkinan penyebabnya adalah produk aki yang mudah dipasang sehingga tidak memerlukan waktu lama saat penggantian. Kemudahan tersebut tidak lepas dari desain yang praktis. 

Motobatt Gel MTZ6S ini juga memiliki CCA sebesar 85 yang lebih besar dibandingkan aki pada umumnya. Karena memiliki nilai CCA yang lebih tinggi, kemampuan aki pun makin baik. Namun, nilai CCA yang tinggi juga menyebabkan daya lebih cepat terkuras.

Jenis aki

Aki gel

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

6 Ah

Tegangan

12 V

3. BAHT Part & Accessories

Aki Sepeda Motor Japan Standard

GTZ-5S

BAHT Part & Accessories

Mulai dari Rp 89.000,00

Punya dimensi yang sama dengan aki bawaan motor

Karena termasuk aki kering, produk aki motor ini bebas perawatan. Aki motor ini memiliki ukuran panjang 113 cm, lebar 70 cm, dan tinggi 89 cm. Dimensi tersebut sesuai dengan aki bawaan motor. Dengan kata lain, aki ini cocok untuk Anda yang mencari aki yang seukuran dengan aki original motor Anda.

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

5 Ah

Tegangan

12 V

2. Astra Otoparts

Aki ASPIRA

GTZ-5S

Astra Otoparts

Mulai dari Rp 203.000,00

Accu zuur terkunci dengan baik sehingga antibocor

Aki ASPIRA GTZ-5S diklaim antibocor karena menggunakan teknologi absorbent glass mat (AGM) yang mengunci accu zuur air aki. Selain itu, produk ini juga awet dan memiliki daya starter tinggi. Pasalnya, Aki ASPIRA dibuat dari material berstandar original equipment manufacturer (OEM). Anda yang memiliki jenis motor matic, baik keluaran Honda maupun Yamaha, dapat menggunakan produk aki motor ini. 

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, bebek, sport

Kapasitas

3,5 Ah

Tegangan

12 V

1. Astra Otoparts

Aki GS ASTRA MF

GTZ-6V

Astra Otoparts

Mulai dari Rp 279.000,00

Langsung bisa dipakai dan cocok untuk berbagai merek motor

Aki ini dibuat dengan teknologi valve regulated lead acid sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan air aki. Tidak sampai di situ saja, Anda pun dapat langsung memasangnya di sepeda motor. Hal ini karena aki sudah terisi accu zuur dan setrum.

Aki GS ASTRA MF bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki motor Honda berbagai merek, seperti Vario, Beat, Scoopy, Sonic, CBR, dan CB. Anda yang memiliki motor Suzuki Satria 150 dan GSX juga bisa menggunakan aki ini. Motor Yamaha Mio pun bisa menggunakan aki merek ini.

Jenis aki

Aki kering

Untuk motor

Matic, sport

Kapasitas

5 Ah

Tegangan

12 V

Pertanyaan umum seputar aki motor

Kami tidak hanya membahas cara memilih dan rekomendasi produk aki motor terbaik. Kami juga telah mengumpulkan beberapa pertanyaan populer yang berkaitan dengan aki motor. Simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini.

Baca juga: 10 Daftar Harga Knalpot Racing Satria FU Murah Terbaik 2022

Berapa lama umur aki kering motor?

Aki kering umumnya memiliki masa pakai kurang dari 24 bulan atau 2 tahun. Namun, terkadang masa pakai tersebut berkurang karena beberapa jenis sepeda motor memiliki lampu standar yang menyala otomatis ketika mesin menyala (always head on). Selain itu, penggunaan starter elektrik dan klakson juga memengaruhi umur aki kering.

Berapa ampere standar aki motor?

Pada cara memilih aki motor, jawaban dari pertanyaan ini sudah disinggung. Pada umumnya ampere standar aki motor berkisar antara 2 Ampere hingga 10 Ampere. Namun, ada juga aki motor yang mencapai 10 Ampere. Aki motor tersebut biasanya digunakan untuk jenis motor sport yang membutuhkan listrik lebih banyak.

Berikut ini beberapa standar ampere aki motor.

  • Motor bebek: 5 Ampere
  • Motor matic kecil: 3–5 Ampere
  • Motor matic besar: 6 Ampere
  • Motor sport 4 tak <150 cc: 7 Ampere
  • Motor sport 4 tak >150 cc: 9–10 Ampere
Nah itulah daftar 10 Rekomendasi merk aki motor terbaik yang bagus digunakan di motor.
Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar