Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti Paling Mudah

Begini tanda, ciri-ciri, kapan dan bagaimana cara mengetahui oli motor matic harus segera diganti. Pengendara wajib mengetahui hal sepele ini. Simak!

Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti - Pengendara motor wajib cara mengetahui ciri-ciri dan kapan sepeda motor harus ganti oli, baik motor matic maupun motor transmisi manual. Hal ini merupakan salah satu dari perawatan kendaraan sepeda motor yang baik dan benar. Agar mesin sepeda motor lebih awet dan tahan lama, maka merawat sepeda motor seperti halnya mengganti oli ini sangat penting untuk dilakukan.

Walaupun cara mengganti oli cukup mudah untuk dilakukan. Namun masih banyak dari beberapa pengendara sepeda motor yang masih belum mengetahui apa ciri-ciri dan kapan oli motor matic harus diganti. Gunakan 10 Oli Motor Matic Terbaik yang Bikin Tarikan Enteng

Berbeda dengan motor bebek dengan transmisi manual, motor matic memiliki 2 jenis oli yaitu oli gardan (gear oil) dan oli mesin. Fungsi dari kedua oli ini hampir sama yaitu untuk melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan dalam boks gardan sehingga kinerja transmisi otomatis bisa berjalan secara optimal.

Lantas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri dan kapan oli motor matic harus diganti? dan Bagaimana tanda-tanda oli mesin motor pada kendaraan yang harus perlu diganti?

Supaya kamu tidak bingung, berikut kami bakal bahas lengkap 5 cara mengetahui oli motor matic harus ganti oli. Yuk, simak dan praktikkan ulasan ini agar kamu dapat merawat dengan baik motor kesayanganmu.

Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti

Mesin Terasa Panas Jadi Ciri-Ciri Motor Harus Ganti Oli

Mesin Terasa Panas Jadi Ciri-Ciri Motor Harus Ganti Oli

Cara mengetahui tanda-tanda oli yang harus diganti adalah Memeriksa dari suhu pada mesin. Saat kondisi oli tidak baik, daya hantar panas menjadi berkurang dan menyebabkan penyebaran panas menjadi tidak rata. Kemudian bisa menyebabkan radiasi panas dari area mesin dan terasa hingga ke arah kaki yang menyebabkan kaki merasakan panas dari mesin.

Baca juga: Cara Mengganti Oli Motor Sendiri 

Suara Mesin Tanda Oli Motor Matic Harus Ganti Oli

Suara Mesin Tanda Oli Motor Matic Harus Ganti Oli

Ciri-ciri motor harus ganti oli selanjutnya terdengar dari suara mesin motor. Jika suara mesin motor dirasa kasar atau tidak halus seperti ada yang meganjal maka kualitas oli yang telah lama digunakan menjadi menurun dan menyebabkan daya lumas pada gear transmisi terganggu.

Hal ini membuat suara mesin motor terdengar sangat kasar dan kadang cukup mengganggu. Jika kondisi oli sudah jelek atau kualitas menurun, tentu fungsi pelumas ini kurang efektif. Alhasil suara mesin jadi lebih kasar.

Bila kamu mendapati suara mesin lebih kasar dari biasanya, maka ini salah satu cara mengetahui oli motor matic harus diganti. Segeralah datang ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan. Jika benar masalahnya karena oli yang sudah tidak berkualitas, maka gantilah dengan oli yang baru.

Baca juga: Ketahui Perbedaan SAE 5w-30, 10w-30, 20w-40, dan 20w-50 pada Oli

Jarak Tempuh Telah Mencapai 3.000 Kilometer

Jarak Tempuh Telah Mencapai 3.000 Kilometer

Cara mengetahui oli motor matic harus diganti selanjutnya adalah dari jarak tempuh dan berapa bulan oli diganti sejak dari awal pemakaian.

Berapa bulan sekali ganti oli mesin motor matic? Umumnya kamu harus mengganti oli setiap 3 Bulan sekali atau ketika jarak tempuh sudah mencapai 3.000 Km. Itulah yang biasa disarankan oleh buku servis kendaraan.

Jarak tempuh juga mempengaruhi waktu untuk mengganti oli motor.  Untuk motor matic ketika jarak tempuhnya mencapai 3000 kilometer, oli wajib untuk diganti dengan yang baru. Sedangkan untuk motor bebek konvensional, jarak tempuhnya lebih panjang yaitu ketika mencapai 5000 kilometer. 

Walaupun jarang dipakai, oli yang berada di dalam motor jika tidak segera diganti bisa merusak komponen dari kendaraan. Jadi agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima dan siap dipakai kapan saja dibutuhkan, kamu harus rutin menggantinya dengan oli yang baru.

Volume Oli Mesin Kurang

Volume Oli Mesin Kurang

Volume oli pada sepeda motor dengan kapasitas 150cc kebawah rata-rata berada di angkat di bawah satu liter, spesifiknya di angka 800 ml. Seiring pemakaian, volume tersebut bisa berkurang dan menjadi indikator bahwa oli perlu diganti. 

Bagaimana mengecek volume oli mesin yang berkurang pada motor transmisi matic? Tidak sulit kok.

Kamu cukup posisikan motor dengan standar tengah. Lalu buka tutup atau dipstick oli mesin. Bila sulit dibuka, bisa manfaatkan tang atau pencapit lain untuk memudahkan.

Bila sudah terbuka, angkat sampai tongkatnya keluar semua. Kemudian bersihkan pakai lap, hingga olinya hilang. Selanjutnya kamu bisa masukkan lagi dipstick ke dalam mesin motor, berikutnya cabut lagi.

Baca juga: 5 Penyebab Kenapa Oli Mesin Motor Cepat Habis Simak!

Lihatlah bagian dipstick yang terkena oli. Di bagian dipstick ada batas rekomendasi yang biasanya memiliki motif silang atau huruf X. Jika masih dalam batas rekomendasi tersebut, maka belum waktunya ganti oli. Jika di bawah batas, maka segeralah ganti dengan oli baru.

Oli Berwarna Hitam Pekat dan Encer

Oli Berwarna Hitam Pekat dan Encer

Umumnya ciri-ciri oli yang bagus dengan kondisi baik berwarna kuning keemasan, jika oli berwarna hitam pekat maka artinya hal ini menjadi indikator bahwa oli motor matic harus segera ganti oli.

Seiring digunakan untuk melumasi komponen mesin, maka warnanya akan berubah jadi semakin pekat. Hanya saja kalau sudah berganti ke warna hitam, maka kamu wajib waspada.

Hal tersebut berarti kondisi oli sudah tidak baik dan harus diganti. Biasanya hal tersebut didukung pula oleh tekstur oli juga sudah sangat encer.

Baca juga: Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan Beserta Jenis Oli Lainnya

Oh ya, sebagai catatan. Apa yang terjadi jika oli mesin habis dan bagaimana dampaknya. jika oli pada mesin sudah dalam keadaan kering akan menyebabkan ruang bakar panas, karena friction coefficient antara ring piston dan dinding silinder akan tinggi. Sehingga, menyebabkan akumulasi panas berlebihan.

Dan biasanya motor matic yang kehabisan oli akan menimbulkan pengasapan pada kenalpot. Untuk memperbaiki motornya pun terbilang sangat rumit harus turun mesin.

Itulah tadi Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti. Sekarang kamu sudah paham bukan? Ingat, gantilah oli motor secara berkala supaya kuda besi selalu dalam keadaan prima.

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar