Rahasia 6 Cara Memilih Motor Matic yang Bagus Saat Membeli

Ingin membeli motor, tapi masih kurang paham bagaimana cara memilih motor matic yang bagus? Begini tips membeli motor matic yang baik dan benar. Simak

Ingin membeli motor, tapi masih kurang paham bagaimana cara memilih motor matic yang bagus? Kali ini kami akan memberikan tips kepada Anda agar efisien di dalam memilih dan menemukan motor matic yang pas buat Anda.

Cara memilih motor matic yang bagus, baik dan benar sebenarnya adalah hal yang gampang-gampang sulit. Sepeda motor merupakan kendaraan yang masih digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Selain jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil, sepeda motor juga sangat akomodatif untuk berbagai keperluan. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga kegiatan rekreasi.

Akhir-akhir ini, motor matic telah menjadi primadona dari semua jenis sepeda motor. Bukan tanpa alasan, kepraktisan, kelincahan, dan keindahan dalam penampilan adalah alasannya.

Jika Anda tertarik untuk membeli motor matic? Berikut ini ada beberapa tips cara memilih motor matic yang bagus yang bisa Anda jadikan patokan saat membeli motor. Baik kondisi motor bekas maupun motor baru.

Cara Memilih Motor Matic yang Bagus

Rahasia 6 Cara Memilih Motor Matic yang Bagus Saat Membeli

Sebelum Anda memulai menentukan motor matic apa yang akan dibeli, ada kalanya Anda harus memikirkan budget keuangannya terlebih dahulu. Pastikan budget Anda sesuai dengan kebutuhan motor yang akan Anda beli. Jika merasa sudah memumpuni, maka berikut ini adalah tips cara memilih motor matic yang bagus baik dan benar.

Tentukan jenis motor matic yang ingin dibeli

Hal ini merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menentukan jenis motor matic apa yang ingin Anda beli. Pastikan apa yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda, sesuai dengan kemampuan Anda, dan sesuai dengan badan Anda. Jangan biarkan Anda menyesalinya nanti. Misalnya hanya karena bodi motor terlalu besar, sehingga Anda merasa tidak cocok untuk badan Anda yang mungil. Atau dan lain sebagainya.

Baca juga: Takut Bodong? Begini 3 Cara Cek Motor Bermasalah atau Tidak

Periksa kembali motor matic yang ingin dibeli

Setelah Anda dapat memastikan dan menentukan jenis motor matic yang ingin dibeli, tips selanjutnya adalah mengecek detail motor matic tersebut. Anda dapat membaca detail resmi tentang produk motor dari situs web resmi sepeda motor atau di mana pun.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa detail penting mengenai motor matic.

  1. Apabila Anda menginginkan memiliki motor matic yang hemat bahan bakar, maka Anda bisa memilih motor matic dengan kapasitas mesin yang kecil dengan volume mulai dari 108 cc hingga 110 cc. Misalnya, sepeda motor matic Honda. Dan memang, berdasarkan banyak penelitian, sepeda motor matic Honda irit dan tidak boros. Misalnya, Honda ScoopyVarioHonda BeAt 2021. Motor-motor ini cukup lincah namun konsumsi bahan bakarnya ekonomis.
  2. Saat ini, kejahatan pencurian sepeda motor semakin sering terjadi. Nah, saat membeli sepeda motor matic, pastikan Anda memilih motor matic yang dilengkapi dengan kunci anti-pencurian atau kunci magnetik otomatis.
  3. Bagi Anda yang ingin motor matic bisa banyak bermanuver, lebih lincah, dan juga lebih fleksibel saat jalan macet, Anda bisa memilih motor matic dengan bodi ramping.
  4. Jika Anda yang ingin bisa mempermudah dan fleksibel saat berkendara, maka pilihlah motor matic yang jaraknya antara jok dan bodi depan dashboard cukup lebar.
  5. Motor matic pada umumnya memiliki bobot yang lebih berat, jika dibandingkan dengan sepeda motor biasa. Jadi, agar Anda tidak mudah terpeleset, baik sedang parkir atau bahkan terjebak kemacetan di jalan yang agak menanjak, pilihlah motor otomatis yang menggunakan kunci pada rem.
  6. Pilih motor matic yang pabrikannya menyediakan suku cadang lengkap, yang murah, tahan lama, ramah lingkungan, dan mudah didapat. Sehingga jika motor Anda rusak, maka mudah untuk mengganti suku cadang tanpa harus pergi ke tempat yang jauh.
  7. Pastikan Anda membeli sepeda motor matic di dealer resmi. Anda tidak harus langsung pergi ke toko. Sekarang ada banyak dealer resmi di pasar online.

Baca review dan lakukan test ride terlebih dahulu

Setelah menentukan jenis motor yang ingin dibeli, maka Anda sudah mengetahui detailnya, tips selanjutnya adalah membaca ulasan dari pengguna lain secara detail. Tentang segalanya mengenai motor yang nantinya akan Anda beli. Anda dapat mencarinya di blog otomotif, dari Youtube, atau bahkan dari teman Anda sendiri. Dari sini, Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa motor otomatis saat Anda hendak Anda beli.

Jika memungkinkan, lakukan test ride terlebih dahulu. Hal ini bahkan akan menambah masukan bagi Anda dalam memutuskan untuk membeli atau tidak. Kemudian bandingkan dengan hasil membaca ulasan blogger atau YouTuber. Jika ada yang tidak cocok atau sesuatu yang Anda rasa kurang, maka Anda bisa mencari jenis motor lain untuk Anda beli.

Baca juga: Irit dan Praktis, Inilah 6 Motor Matic Murah yang Cocok Buat Anda

Bandingkan harganya

Anda mungkin telah jatuh cinta dengan merek sepeda motor tertentu. Tapi jangan biarkan ini membutakan Anda. Pastikan Anda menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Harga motor baru juga biasanya tidak jauh berbeda di setiap dealer. Karena pabrikan sudah mengaturnya sejak awal. Tetapi ini tidak berarti Anda dapat membelinya segera. Ada baiknya untuk membandingkan terlebih dahulu dari satu dealer ke dealer lainnya. Ada kalanya dealer juga memberikan diskon atau promo. Dan Anda jelas dapat menggunakan ini untuk menghemat anggaran.

Teliti di dalam memilih cara pembayarannya

Ketika Anda ingin membeli motor, jika Anda sudah memiliki budget, dan budgetnya sesuai dengan harga motor yang akan Anda beli, alangkah lebih baiknya jika Anda membelinya secara tunai.

Namun, jika Anda ingin membelinya secara kredit, pastikan Anda berhati-hati dengan jumlah cicilan per bulan dan juga bunganya. Jangan biarkan itu membebani Anda. Akan lebih baik jika Anda menghabiskan DP besar. Sehingga cicilannya tidak terlalu berat per bulan.

Baca juga: Cara Mengetahui Oli Motor Matic Harus Diganti Paling Mudah

Pastikan Asuransi, garansi, dan servis pada motor

Kendaraan baru biasanya memiliki pertanggungan asuransi, garansi, dan layanan gratis. Pastikan Anda juga berhati-hati dengan hal ini saat membeli motor matic baru Anda. Jangan biarkan Anda mengabaikan atau melupakan. Karena tidak apa-apa, Anda dapat menggunakan ini ketika terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Dan khusus untuk layanan, biasanya ini untuk beberapa bulan. Misalnya, enam bulan. Lumayan juga, ini berarti Anda menghemat biaya layanan selama enam bulan.

Itulah 6 tips cara memilih motor matic yang bagus kondisi baru atau bekas yang bisa Anda jadikan referensi. Pastikan Anda meneliti semuanya sebelum membeli. Semoga bermanfaat!

Tech Enthusiast dan Blogger sejak 2016, dengan background Ilmu Komputer. Sangat menyukai hal-hal tentang teknologi komputer, internet, dan HP Android, main game. Senang berbagi informasi gratis dan b…

Posting Komentar